Senin 02 November 2020, 16:27 WIB

GOR Tempat Isolasi Covid-18 Akan Dipakai untuk Pengungsi Banjir

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
GOR Tempat Isolasi Covid-18 Akan Dipakai untuk Pengungsi Banjir

MI/ANDRI WIDIYANTO
Banjir cipinang, Jakarta

 

PEMPROV DKI Jakarta memastikan dalam kewaspadaan penuh memasuki musim hujan tahun ini. Tidak hanya karena banjir yang sudah menjadi ancaman tahunan, tetapi juga telah ada prediksi bahwa curah hujan tahun ini akan lebih parah karena efek fenomena La Nina.

Selain itu, saat ini wilayah DKI Jakarta tengah menghadapi pandemi covid-19 sehingga harus menyiapkan jumlah lokasi pengungsian lebih banyak untuk tetap menerapkan protokol kesehatan antar pengungsi.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Penanganan Pengungsi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Wardoyo mengatakan bila mendesak, pihaknya juga akan menggunakan GOR atau balai warga yang ditetapkan menjadi lokasi rumah karantina warga yang terpapar covid-19 sebagai tempat pengungsian.

Namun, hal itu akan dilakukan bila di lokasi tersebut tidak ada pasien yang sedang diisolasi atau dalam keadaan kosong.

"Disesuaikan dengan situasi dan bisa saja dipakai," kata Wardoyo saat dihubungi Media Indonesia, Senin (2/11).

Sementara itu, di Jakarta ada 110 lokasi yang ditetapkan menjadi lokasi isolasi pasien covid-19 tanpa gejala berdasarkan situs resmi corona.jakarta.go.id. Beberapa di antaranya adalah GOR seperti GOR Pancoran dengan kapasitas 350 orang, GOR Kecamatan Tanjung Priok dengan kapasitas 300 orang, GOR Tebet dengan kapasitas 350 orang, GOR Kecamatan Koja dengan kapasitas 200 orang, dan GOR Mampang Prapatan dengan kapasitas 150 orang.

Selain itu, Wardoyo memastikan jajaran lurah dan camat sudah menyiapkan berbagai lokasi menjadi posko pengungsian.

"Pengungsian akan menyesuaikan titik banjirnya dan sudah disampaikan ke aparat wilayah/lurah untuk menyiapkan lebih banyak di masing-masing daerah rawan," terangnya.

Iapun memastikan, bila banjir menimpa keluarga yang salah satu anggotanya sedang menjalani isolasi mandiri, anggota keluarga itu akan dipisahkan dari keluarga yang lain.

"Pastinya dia akan dipisahkan tempatnya," pungkasnya.(OL-4)

Baca Juga

ANTARA

IPW: Jika Terbukti Hilangkan Barang Bukti, Ferdy Sambo Dapat Dipecat dan Dipidana

👤Rahmatul Fajri 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 23:15 WIB
INDONESIA Police Watch (IPW) menilai Irjen Ferdy Sambo dapat dipecat dari Korps Bhayangkara jika terbukti merusak, menghilangkan barang...
DOK MI

Ajudan Istri Ferdy Sambo Jadi Tersangka Kasus Pembunuhan Brigadir J

👤Rahmatul Fajri 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 23:07 WIB
TIM Khusus (Timsus) Polri menangkap Brigadir Ricky Rizal terkait kasus tewasnya Brigadir Novriansyah Yosua Hutabarat alias Briagadir J di...
dok.ist

Ratusan Sopir Truk DKI Dukung Ganjar Presiden 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 21:36 WIB
SEBANYAK 500 sopir truk berkumpul di Jalan Inspeksi Banjir Kanal Timur (BKT), Pulo Gebang, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, mereka...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya