Selasa 27 Oktober 2020, 22:07 WIB

Polisi Prediksi Puncak Kepadatan Libur Panjang Dimulai Malam Ini

Rahmatul Fajri | Megapolitan
Polisi Prediksi Puncak Kepadatan Libur Panjang Dimulai Malam Ini

Antara/yulius Satria Wijaya
Kepadatan di ruas tol Jagorawi, Selasa (27/10) malam

 

DIREKTORAT Lalu Lintas Polda Metro Jaya memprediksi puncak kepadatan arus lalu lintas pada libur panjang kali ini terjadi pada Selasa (27/10) malam ini hingga Rabu (27/10) besok.

"Prediksi puncak kepadatan itu kemungkinan hari ini mulai malam dan bisa saja sampai Rabu pagi besok. Sedangkan prediksi arus puncak kembalinya pada Minggu siang sampai dengan hari Senin dini hari," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo pada wartawan, Selasa (27/10).

Sambodo mengatakan dari pantauan di lapangan sudah tampak peningkatan volume kendaraan ke luar kota Jakarta seperti di Km 28 yang mengarah ke Jawa Barat. Selain itu, kepadatan kendaraan juga disebabkan truk yang diarahkan keluar jalan tol.

Ia mengatakan, kendaraan truk atau sumbu roda tiga ke atas telah dilarang untuk melintasi Jalan Tol sesuai surat edaran Dirjen Perhubungan Darat. Mereka hanya dibolehkan melintasi jalur arteri.

Baca juga : Antisipasi Lonjakan Lalin, Polri Siapkan Kebijakan Khusus di Tol

"Kendaraan truk sumbu roda 3 ke atas keluar ke Jalan arteri di gerbang Tol Cikarang Barat. Tapi, selepas itu situasi lalin terkendali dan diskresi lalin tetap kita laksanakan sehingga upaya pengaturan dan pengalihan lalin situasional di lapangan," ungkapya.

Lebih lanjut, Sambodo mengatakan telah mnyiapkan skenario rekayasa arus lalu lintas, contra flow, hingga one way apabila terjadi kepadatan di sejumlah titik.

"Apabila terjadi kecelakaan atau kemacetan di layang elevated kami juga bisa saja akan melakukan rekayasa lalu lintas buka tutup di KM 10 untuk naik ke layang tol elevated maupun yang ke arah Cikunir," katanya. (OL-7)

Baca Juga

Antara

Rizieq ‘Kabur’ dari RS, Epidemiolog: Harus Ada Upaya Persuasif

👤Hilda Julaika 🕔Minggu 29 November 2020, 14:00 WIB
Epidemiolog Dicky Budiman, perlu ada upaya klarifikasi serta pendekatan persuasif kepada MRS. Pasalnya hal ini berkaitan dengan pihak lain...
MI/Gabriellangga

Razia Protokol Kesehatan, Polres Jaksel Tutup 19 Kafe dan Restoran

👤Rahmatul Fajri 🕔Minggu 29 November 2020, 13:33 WIB
Selain kafe dan restoran, petugas juga membubarkan kerumunan di sepanjang jalan Antasari, Kemang, Bulungan, Blok M, dan Pondok...
Ilustrasi

KPK Duga Harun Masiku Tak Gunakan Ponsel Lagi

👤Tri Subarkah 🕔Minggu 29 November 2020, 13:19 WIB
OTT terhadap Edhy diakui Nawawi lebih mudah ketimbang usaha penangkapan Harun. Menurutnya, hal itu disebabkan karena Edhy menggunakan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya