Senin 10 Agustus 2020, 04:40 WIB

Remaja Rawan Jadi Pembawa Virus

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Remaja Rawan Jadi Pembawa Virus

Dok. Pemprov DKI
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria

 

WAKIL Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkapkan sebanyak 8% dari total kasus positif covid-19 di Ibu Kota ialah anak usia di bawah 19 tahun. Saat ini jumlah kasus virus menular itu mencapai 25.242 orang.

"Kita ikut menentukan cepat atau lambatnya penyelesaian pandemi ini. Mari tetap di rumah, hindari keramaian dan kerumunan," kata Riza dalam akun Instagram @bangariza, Minggu (9/8).

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Dwi Oktavia Handayani menjelaskan banyak anak yang berusia di bawah 19 tahun yang tidak merasakan gejala covid- 19 alias orang tanpa gejala (OTG).

"Karena merasa enggak ada gejala covid-19, jadi banyak yang santai-santai. Oleh karenanya, dari usia muda harus dijaga kesehatan dan hindari dulu aktivitas di luar rumah," jelas Dwi.

Untuk anak kecil yang positif covid-19, Dwi mengungkapkan kebanyakan kasus tertular dari orangtua mereka atau saudara lainnya yang kerap beraktivitas di luar. Pasalnya, kegiatan sekolah masih ditutup selama PSBB transisi.

Penularan covid-19, kata Dwi, juga bisa terjadi kepada kelompok rentan, seperti kaum lansia dan memiliki penyakit penyerta, misalnya, dengan penyakit diabetes, ginjal, dan lainnya. "Apalagi, orang yang sering beraktivitas di luar rumah tanpa menerapkan protokol kesehatan, saat di rumah bisa menularkan ke orangtua atau anak kecil," pungkas Dwi.

Sementara itu, Perumda Pasar Jaya menutup kios di Pasar Mayestik, Kebayoran Baru, Jaksel. Dirut Pasar Jaya Arief Nasrudin mengatakan pasar itu ditutup karena ada pedagang yang positif covid-19.

Menurut Arief, salah seorang pedagang di lantai semibasement positif covid-19 dan meninggal dunia. Pedagang itu tinggal di Jatiwaringin, Bekasi, Jabar. Namun, karyawan yang pernah kontak langsung masih bekerja di kios sampai Jumat (7/8) lalu. (Ins/J-1)

Baca Juga

MI

Persiapan Kirab Bendera, Pemprov DKI Bersih-Bersih Monas

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 13:03 WIB
"Rangkaian kegiatan Istana kan ada upacara HUT salah satunya itu kan ada kirab bendera, nah itu upaya untuk Pemda DKI mendukung acara...
Tangkapan layar dari Metro TV.

Terkait Pemeriksaan PC, Komnas HAM: Mengunggu Kesiapan

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 12:14 WIB
Saat dimintai keterangan lebih lanjut mengenai kondisi PC saat ini, tentang kondisi psikologis PC apakah masih belum stabil,...
MI/Meilani Teniwut

Ini Alasan Lantai 24 Perpustakaan Nasional Indonesia tidak Pernah Sepi Pengunjung

👤Meilani Teniwut 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 11:00 WIB
"Lantai 24 ini sangat menarik karena viewnya bagus, untuk foto-foto itu asik dan ini pertama kali dan saya senang sekali bisa ke...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya