Rabu 03 Juni 2020, 18:38 WIB

KAI Bakal Sediakan Face Shield untuk Penumpang

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
KAI Bakal Sediakan Face Shield untuk Penumpang

AFP
Pegawai toko ponsel di Banda Aceh memakai face shield untuk proteksi diri

 

SELAIN masker, penumpang kereta api diminta menggunakan pelindung wajah atau face shield selama berada di dalam transportasi itu.VP Public Relations PT Kereta Api Indonesia (KAI) Joni Martinus mengungkapkan pihaknya bakal menyediakan face shield untuk penumpang saat kebijakan kenormalan baru diterapkan.

"Kami masih mengkaji itu (jumlah face shield) untuk ditiap stasiun. Yang jelas kita siapkan sesuai kondisi penumpangnya," jelas Joni kepada Media Indonesia, Jakarta, Rabu (3/6).

Baca juga: PSBB di Banten Diperpanjang Hingga 14 Juni 2020

Face Shield tersebut wajib digunakan penumpang hingga keluar dari area stasiun kedatangan. Joni juga mengatakan, petugas di stasiun akan mengukur suhu badan penumpang di atas kereta tiap 3 jam sekali.

Apabila ada penumpang memiliki suhu tubuh diatas 37° Celsius atau mengalami gejala Covid-19, maka penumpang itu dibawa ke ruang isolasi dalam stasiun dan segera ditangani pihak dokter.

Saat kebijakan normal baru diberlakukan, pemesanan tiket hanya dapat dilakukan secara daring melalui aplikasi KAI Access, website KAI atau mitra penjualan tiket resmi lainnya. Sedangkan loket hanya difungsikan untuk pembelian go show atau tiga jam sebelum jadwal keberangkatan.

Selain itu, Joni mengatakan, untuk petugas frontliner KAI yang kerap berinteraksi dengan warga bakal menggunakan masker, sarung tangan, dan face shield.

Petugas tersebut antara lain petugas loket, customer service, petugas boarding, kondektur, pramugari kereta, dan petugas kebersihan di atas kereta.

“Petugas juga kami lengkapi alat pelindung itu agar memberikan rasa aman kepada para pelanggan yang dilayani oleh petugas kami,” jelas Joni. (OL-6)

Baca Juga

Antara

Anies: Ada Potensi Lonjakan Kasus Covid-19 Setelah Libur Lebaran

👤Rahmatul Fajri 🕔Jumat 14 Mei 2021, 16:04 WIB
Meski ada larangan mudik Lebaran, namun Anies tidak menampik terjadi pergerakan penduduk dalam jumlah besar. Diprediksi, 1,2 juta...
Antara

Kapolda Metro: Penyekatan Kurangi Arus Mudik Hingga 50%

👤Rahmatul Fajri 🕔Jumat 14 Mei 2021, 14:56 WIB
Saat ini, Polda Metro Jaya fokus mengantisipasi arus balik Lebaran, berkoordinasi dengan Pemprov DKI dan Kodam Jaya untuk melakukan...
ANTARA

Antisipasi Arus Balik, Anies Lakukan Dua Lapis Pengetatan

👤Rahmatul Fajri 🕔Jumat 14 Mei 2021, 14:45 WIB
Anies mengatakan lapis pertama adalah melakukan skrining terhadap kendaraan pribadi di pintu masuk...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Toleransi tak Pernah Putus di Adonara

Bencana membuat masyarakat Adonara semakin rukun. Ramadan lebih mempersatukan mereka.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya