Rabu 17 April 2019, 10:10 WIB

Ribuan Pohon Rusak akibat Atribut Parpol

Ribuan Pohon Rusak akibat Atribut Parpol

ANTARA/Yulius Satria Wijaya
Alat peraga kampanye (APK) Caleg terpasang di pohon sepanjang jalan Keadilan Kota Depok

 

Ribuan pohon di Kota Depok rusak akibat dipaku saat pemasangan atribut partai politik (parpol) selama musim kampanye Pemilu dan Pilpres 2019.

Kepala Bidang Pertamanan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok Ety Yuniati mengatakan ribuan pohon di Kota Depok rusak dan bahkan terancam mati akibat ditancapi paku yang digunakan untuk me-nempelkan baliho-baliho partai politik.

"Paku yang menancap rata-rata sedalam 7 sentimeter-10 sentimeter," kata Ety, kemarin.

Pohon-pohon yang ditancapi paku itu, sambungnya, rusak sel-selnya sehingga terjadi pengeroposan.

"Pohon yang telah keropos itu rawan tumbang. Pekan lalu, 20 pohon berukuran besar tumbang karena sudah keropos sehingga tak kuat lagi ketika ada angin kencang. Kebetulan di pohon-pohon tumbang itu juga tertancap atribut parpol. Satu warga meninggal dan lima lainnya mengalami luka-luka," ujar Ety.

Ia memaparkan para pemasang atribut di pohon itu tidak pernah memedulikan lingkungan hidup. "Kami meminta Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) agar menertibkan atribut-atribut partai politik tersebut," ujar Ety.

Baca juga: Anies Jamin Pembangunan Kebutuhan Dasar di Pulau Terluar

Selain panwas, Ety juga meminta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok menertibkan pemasangan papan reklame liar yang ditancapkan di pohon-pohon di Kota Depok karena telah banyak pohon-pohon rusak dan mati akibat perbuatan pemasang iklan tersebut.

Kerusakan pohon yang pa-rah terjadi di kawasan Jalan Bahagia Raya, Jalan Proklamasi, Jalan Merdeka, Jalan Insinyur Haji Juanda, Jalan Margonda Raya, Jalan Tanah Baru, Jalan Kelapa Dua Raya, Jalan Akses Universitas Indonesia, dan Jalan Raya Bogor, Cimanggis. (KG/J-1)

Baca Juga

ANTARA

Tujuh Suporter Persita Jadi Tersangka Penyerangan Bus Tim Persis Solo

👤Syarief Oebaidillah 🕔Senin 30 Januari 2023, 21:28 WIB
POLRES Tangsel, Banten menetapkan tujuh suporter Persita Tangerang.menjadi tersangka kasus perusakan bus tim Persis Solo usai bertanding di...
MI/Kisar Rajagukguk

Disdik: SDN Pondok Cina 1 Depok Dibangun Tahun Ini oleh Kementrian PUPR

👤Kisar Rajagukguk 🕔Senin 30 Januari 2023, 16:52 WIB
PEMBANGUNAN gedung baru Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pondok Cina 1 yang berada di Jalan Raya Margonda, Kota Depok, Jawa Barat, dibangun tahun...
MI/HO

Elemen Tokoh Masyarakat Tangsel dan Tangerang Konsolidasi Perkuat Bakortara

👤 Syarief Oebaidillah 🕔Senin 30 Januari 2023, 16:06 WIB
Ia menilai, peluang dan harapan terbuka lebar bagi sebuah perjuangan terbentuknya pemekaran Provinsi Tangerang Raya yang diinisiasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya