Sabtu 10 September 2022, 18:52 WIB

Indonesia Sambut Baik Konklusi IPEF

Mediaindonesia | Internasional
Indonesia Sambut Baik Konklusi IPEF

Antara/HO Kemenko Perekonomian
Penutupan Indo-Pacific Economic Framework Ministerial Meeting (IPEF).

 

MENTERI Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyambut baik konklusi yang disampaikan oleh para partisipan pertemuan menteri Indo-Pacific Economic Framework Ministerial Meeting (IPEF) dalam acara penutupan.

“Pemerintah Indonesia menghargai nilai-nilai keadilan, inklusivitas, transparansi, dan akuntabilitas berdasarkan pertimbangan yang telah disepakati pada mekanisme multilateral,” kata Airlangga dalam keterangan resmi, hari ini.

Pertemuan tersebut menghasilkan kerangka kerja IPEF yang berfokus pada perdagangan, rantai pasok, energi hijau, dan perekonomian yang adil.

Pembahasan terkait ekonomi yang adil perlu terus dilakukan untuk mendorong implementasi yang lebih adil pada bidang perdagangan dan investasi, serta harus bersinergi dengan sistem perpajakan nasional dan mekanisme anti korupsi untuk mempercepat pencapaian ekonomi yang adil.

Baca juga: Agar Air Mengalir Sampai Jauh di Ujung Singapura

Terkait pengembangan ekonomi bersih yang juga dibahas dalam IPEF, difokuskan pada upaya-upaya inovatif untuk mengantisipasi dampak dari perubahan iklim melalui penggunaan energi terbarukan yang membutuhkan pendanaan internasional.

“Untuk pembiayaan pembangunan berkelanjutan atau SDG, Pemerintah Indonesia menerapkan strategi blended finance untuk memobilisasi dana publik dan swasta melalui struktur pembiayaan yang inovatif, dengan mendorong keterlibatan seluruh pihak baik yang dari swasta maupun dari institusi pemerintah," kata Airlangga.

Mekanisme transisi energi, dekarbonisasi, penggunaan lahan yang lebih berkelanjutan, inovasi untuk menghilangkan karbon, insentif untuk investasi rendah karbon agar tercapai ekonomi bersih dan pembangunan berkelanjutan juga terus dibahas.

Menko Airlangga juga bertemu dengan Menteri Perdagangan Amerika Serikat Gina Raimondo untuk membahas kesepakatan guna segera menindak lanjuti pada level teknis berbagai langkah konkret dari upaya mendorong keempat pilar IPEF.

“Saya bersama Sekretaris Raimondo sepakat untuk terus mengintensifkan diskusi teknis dan mendorong deliverable yang konkret dalam waktu singkat, dan rencananya pada bulan Oktober ini kami akan bertemu lagi untuk membahas tindak lanjutnya," katanya.(Ant/OL-4)

Baca Juga

AFP

Buntut Referendum Palsu Rusia, Kanada Siapkan Sanksi Baru

👤Ant 🕔Rabu 28 September 2022, 22:38 WIB
“Wilayah Ukraina akan tetap menjadi milik Ukraina,” kata...
AFP

PBB Kecam Referendum Ilegal oleh Rusia

👤Ant 🕔Rabu 28 September 2022, 22:09 WIB
DiCarlo mengatakan PBB tetap berkomitmen penuh pada kedaulatan, persatuan, kemerdekaan, dan integritas wilayah...
AFP/YAMIL LAGE

Setelah Membuat Kuba Gelap Gulita, Badai Ian Menuju Florida

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 28 September 2022, 19:44 WIB
Serikat pekerja akan bekerja sepanjang malam hingga Rabu (28/9) untuk memulihkan listrik sesegera...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya