Rabu 20 April 2022, 16:33 WIB

Ratusan Warga Sipil dan Tentara Dievakuasi dari Mariupol

Nur Aivanni | Internasional
Ratusan Warga Sipil dan Tentara Dievakuasi dari Mariupol

AFP
Bangunan yang hancur di Mariupol, Ukraina, akibat serangan pasukan militer Rusia.

 

LEBIH dari 140 warga sipil dan lima tentara Ukraina telah dievakuasi dari kota pelabuhan Mariupol. Hal itu diungkapkan kelompok separatis ketika pasukan Rusia meningkatkan serangannya di wilayah timur.

"Lima prajurit angkatan bersenjata Ukraina meletakkan senjata mereka dan secara sukarela meninggalkan wilayah pabrik Azovstal," kata otoritas separatis di Republik Rakyat Donetsk, yang memproklamirkan diri dalam sebuah unggahan di Telegram.

Baca juga: Sekjen PBB Serukan Gencatan Senjata Selama 4 Hari di Ukraina

Melalui sebuah unggahan terpisah pada Selasa malam waktu setempat, kelompok separatis menyatakan bahwa lebih dari 140 orang telah dievakuasi dari kota yang hancur tersebut.

Pasukan Rusia berjuang untuk mengusir pasukan Ukraina yang tersisa. Tepatnya, dari perseteruan terakhir mereka di pabrik besi dan baja Azovstal yang luas di wilayah Mariupol.

Baca juga: Menlu AS Desak Israel-Palestina Akhiri Kekerasan

Adapun otoritas Rusia menyebut pasukan mereka telah membuka koridor kemanusiaan bagi pasukan Ukraina, yang setuju meletakkan senjata dan pergi meninggalkan Mariupol.

Wilayah pesisir Mariupol diketahui menjadi target utama serangan Rusia. Pemerintahan Vladimir Putin itu berupaya menghancurkan wilayah Ukraina, termasuk merusak sejumlah fasilitas di kota pelabuhan.(AFP/OL-11)

Baca Juga

AFP

Badai Ian Hempaskan 31 Nyawa

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 14:15 WIB
Kekuatan badai ini telah melemah dan level menjadu topan pasca-tropis yang bergerak melintasi Carolina Utara tengah pada Sabtu (1/10)...
AFP/Putri

Tragedi Kanjuruhan Malang, Gegerkan Dunia

👤 Cahya Mulyana 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 12:01 WIB
MATA penduduk dunia teralihkan dari kemenangan Ukraina di kota Lyman, dekat Kharkiv yang sempat dikuasai Rusia. Atau dari aksi...
AFP

Rusia Tarik Pasukan yang Dikepung Ukraina

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 08:41 WIB
SETELAH dikepung oleh pasukan Ukraina, Rusia menarik pasukan keluar dari kota Lyman di timur Ukraina dekat Kharkiv. Aksi itu menjadi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya