Jumat 01 April 2022, 07:30 WIB

Taliban Kibarkan Bendera Raksasa di Kabul

Basuki Eka Purnama | Internasional
Taliban Kibarkan Bendera Raksasa di Kabul

AFP/Ahmad SAHEL ARMAN
Pengibaran bendera Taliban raksasa di Bukti Wazir Akbar Khan, Kabul, Afghanistan.

 

TALIBAN mengibarkan bendera raksasa mereka di sebuah bukit yang berada di dekat ibu kota Afghanistan, Kabul, Kamis (31/30, hampir delapan bulan setelah kembali berkuasa di negara itu.

Ratusan pasukan Taliban, mayoritas bersenjata, menghadiri upacara pengibaran bendera yang dipimpin oleh Wakil Perdana Menteri Afghanistan Abdul Salam Hanafi di Bukti Wazir Akbar Khan.

Memiliki lebar 40 meter dan tinggi 26 meter, bendera berwarna putih itu berhiaskan tulisan yang berbunyi lailahaillallah muhammadarrasulullah.

Baca juga: Indonesia Ingatkan Taliban untuk Penuhi Janjinya

Pasukan Taliban yang hadir dalam upacara pengibaran bendera itu menunjukkan kegembiraan mereka dengan menyentuh bendera itu sebelum dikibarkan.

"Hari ini, sebuah bendera dikibarkan. Bendera itu adalah lambang kemerdekaan, perdamaian, dan persaudaraan. Bendera itu juga merupakan simbol kepemimpinan Islam," ujar Hanafi.

"Ini bukanlah bendera Taliban atau para mullah melainkan bendera yang diperjuangkan dengan pengorbanan oleh seluruh bangsa. Bendera ini adalah milik seluruh warga Afghanistan," lanjutnya.

Bendera Afghanistan berwarna hitam, merah, dan hijau dengan lambang negara berwarna putih. Nmaun, Taliban telah memerintahkan untuk mengganti bendera itu dengan bendera putih bertuliskan kalimat syahadat itu. (AFP/OL-1)
 

Baca Juga

AFP/Madaree Tohlala.

Tradisi Tahun Baru dari Berbagai Negara di Dunia

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Jumat 02 Desember 2022, 20:08 WIB
Setiap negara punya cara tersendiri untuk merayakan tahun...
AFP/Saul Loeb.

Tradisi Natal Unik di Berbagai Belahan Dunia

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Jumat 02 Desember 2022, 19:30 WIB
Mereka dapat memasak, bermain, hingga makan malam bersama. Selain itu, terdapat beberapa tradisi Natal yang wajib dilakukan di berbagai...
AFP KCNA VIA KNS

Tiga Negara Jatuhkan Sanksi ke Korut

👤Cahya Mulyana 🕔Jumat 02 Desember 2022, 17:30 WIB
Tiga negara telah memberlakukan sanksi baru terhadap individu dan entitas Korea Utara (Korut) sebagai tanggapan atas uji coba rudal...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya