Jumat 11 Maret 2022, 09:30 WIB

AAYG Ajak Pemuda Asia-Afrika Bersatu dan Bangkit di Tengah Dinamika Global

mediaindonesia.com | Internasional
AAYG Ajak Pemuda Asia-Afrika Bersatu dan Bangkit di Tengah Dinamika Global

dok.tangkapan layar
Webinar internasional dengan tema “Fostering the Soft Diplomacy Strategy to Enhance Global Cooperation in the Asia Africa Region”.

 

PRESIDEN Asian African Youth Government (AAYG) Sadam Al Jihad mengajak pemuda di Asia dan Afrika untuk bersatu dan bangkit, di tengah dinamika global termasuk terjadinya perang antara Rusia dengan Ukraina.

Hal Itu disampaikan Sadam dalam webinar internasional dengan tema “Fostering the Soft Diplomacy Strategy to Enhance Global Cooperation in the Asia Africa Region”.

Menurutnya, AAYG harus menjadi platform bagi para pemimpin muda dari kawasan Asia dan Afrika untuk mempromosikan perdamaian ke dunia.

“Pentingnya untuk berdiri bersama di tengah perang yang sedang berlangsung antara negara-negara,” kata Sadam dalam sambutannya di Intenational Webinar secara virtual, kemarin.

Deputy Permanent Representative of Gambia to United Nations, Lamin Fatty mengungkapkan, masyarakat Asia dan Afrika sejak awal telah mengelola kerja sama kohesif.

Kerja sama tersebut harus selalu dijaga untuk membina hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan antara masing-masing bangsa.

“Salah satu contoh kerja sama kita yang sukses adalah dalam konferensi WTO di mana kawasan Asia dan Afrika bekerja sama untuk mendorong izin untuk memproduksi vaksin covid-19 di negara-negara berkembang,” ungkap Lamin.

Untuk menyelesaikan konflik Rusia dan Ukraina, lanjut Lamin, kedua negara harus bersatu untuk mencegah lebih banyak korban karena perang tersebut berdampak negatif ke kawasan Asia dan Afrika.

“Sanksi yang datang dengan konflik berpotensi berdampak pada negara-negara tetangga, terutama negara-negara berkembang. Krisis antara Rusia dan Ukraina tidak secara langsung mempengaruhi negara kita, ketidaktahuan tentang masalah tidak akan membantu menyelesaikan masalah,” pungkasnya. (Ant/OL-13)

Baca Juga: Menlu Rusia dan Ukraina Gagal Capai Kesepakatan dalam Perundingan di Turki 

Baca Juga

Eva Marie UZCATEGUI / AFP

NASA tunjuk 3 Perusahaan untuk Desain Sistem Tenaga Nuklir di Bulan

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 15:00 WIB
Ketiga perusahaan tersebut antara lain Lockheed Martin dari Maryland, Westinghouse dari Cranberry Township, Pennsylvania serta IX dari...
AFP/Bryan R. Smith

DPR AS Setujui UU Pembatasan Senjata Api

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 09:47 WIB
UU yang menunggu ditandangani Biden ini telah mengatur sejumlah syarat kepemilikan senjata. Misalnya terdapat pemeriksaan riwayat kriminal...
AFP/MANDEL NGAN

PBB Sebut Keputusan MA AS yang Hapus Hak Aborsi Pukulan bagi HAM

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 07:30 WIB
"Akses untuk mendapatkan aborsi yang aman, legal dan efektif ada dalam hukum hak asasi internasional dan merupakan dasar pada hak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya