Rabu 15 September 2021, 23:04 WIB

Ini Konsekuensi Tentara AD Amerika Serikat yang Menolak Vaksin

Mediaindonesia.com | Internasional
Ini Konsekuensi Tentara AD Amerika Serikat yang Menolak Vaksin

AFP/AYMAN HENNA
Ilustrasi

 

Perwira militer Amerika Serikat yang menolak menjalani vaksinasi COVID-19 bisa diskors dari ketentaraan dan bahkan mungkin diberhentikan, kata Angkatan Darat AS pada Selasa (14/9).

Menyusul persetujuan Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) bagi vaksin Pfizer/BioNTech pada Agustus, Menteri Pertahanan Lloyd Austin telah memerintahkan agar semua anggota dinas militer aktif diwajibkan untuk menjalani vaksinasi.

Angkatan Darat mengatakan telah melaksanakan perintah tersebut sejak akhir Agustus. Mereka menambahkan bahwa tentara dapat meminta pengecualian karena alasan medis, agama, atau administrasi.

Namun, para komandan, sersan mayor, sersan satu, dan perwira di posisi Daftar Seleksi Komando yang menolak vaksin dan tidak meminta pengecualian akan menghadapi skors dan bebas tugas jika mereka menolak mematuhi perintah tersebut, kata Angkatan Darat dalam pernyataan.

"Meskipun tentara yang menolak vaksin akan dinasihati lebih dulu oleh rantai komando dan petugas medis mereka, kegagalan mematuhi (perintah ini) dapat mengakibatkan hukuman administratif atau nonyudisial, termasuk dibebastugaskan atau dipecat," katanya.

"Ini benar-benar masalah hidup dan mati bagi tentara kita, keluarga mereka, dan komunitas tempat kita tinggal," kata Panglima Komando Medis AD AS Raymond Scott Dingle seraya mengutip kekhawatiran terhadap penyebaran varian Delta yang sangat menular.

Hingga pekan lalu, Departemen Pertahanan AS telah melaporkan lebih dari 353.000 kasus COVID-19 di kalangan militer dengan lebih dari 450 kematian.

AD AS berharap seluruh personel unit-unit dinas aktif sudah selesai divaksinasi secara penuh pada 15 Desember, dan unit Cadangan dan Garda Nasional pada 30 Juni tahun depan. (Ant/OL-12)

Baca Juga

AFP

Direktur Pelaksana IMF Diminta Mundur

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Jumat 24 September 2021, 14:44 WIB
"Kepala IMF harus memegang cincin sementara dua pemegang saham terbesarnya, Amerika dan Tiongkok, saling berhadapan di era baru...
AFP/Brendan Smialowski

Perkuat Kerja Sama, Wapres AS Temui PM India

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Jumat 24 September 2021, 12:00 WIB
Pertemuan itu juga merupakan momen perayaan bagi 4 juta diaspora India di AS dan warga India di tanah air yang bangga dengan Harris yang...
AFP/MAHMUD HAMS

DPR AS Setuju Biayai Iron Dome Israel

👤Basuki Eka Purnama, Atikah Ishmah Winahyu 🕔Jumat 24 September 2021, 09:53 WIB
Iron Dome telah menghancurkan ribuan rudal jarak pendek yang dilontarkan militan Hamas dari Jalur Gaza sebelum mereka mencapai kawasan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

El Diablo Waspada Sodokan Pecco

Trek lurus sepanjang 1,2 kilometer di Circuit of The Americas, Austin, AS, dapat dimanfaatkan Pecco dengan tunggangan motor Ducati Desmosedici yang kian tangguh di beberapa seri terakhir.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya