Sabtu 28 Agustus 2021, 07:10 WIB

Kasus Kematian Covid-19 di Rusia pada Juli, 2 Kali Lipat Angka Resmi

Nur Aivanni | Internasional
Kasus Kematian Covid-19 di Rusia pada Juli, 2 Kali Lipat Angka Resmi

AFP/ KIRILL KUDRYAVTSEV
Ilustrasi kondisi pandemi covid-19 di Rusia

 

BADAN Statistik Federal Rusia, Rosstat, pada Jumat (27/8), mengatakan negara itu melihat 50.421 kematian akibat virus korona pada bulan Juli, lebih dari dua kali lipat angka resmi pemerintah.

Rusia, negara yang paling parah keempat di dunia dalam hal kasus covid-19, telah berjuang dengan munculnya varian Delta dan tingkat vaksinasi yang lamban.

Angka dari Rosstat yang dirilis pada Jumat (27/8) malam, membuat gambaran yang jauh lebih gelap tentang jumlah korban pandemi di negara itu daripada yang ditunjukkan oleh angka resmi, dengan penghitungan pemerintah mengatakan 23.349 orang Rusia meninggal akibat covid-19 pada Juli.

Baca juga:  Fakta-Fakta Mengenai Sputnik-V, Vaksin Covid-19 dari Rusia

Angka pemerintah hanya memperhitungkan kematian di mana virus itu ditetapkan sebagai penyebab utama kematian setelah otopsi. Rosstat menerbitkan angka di bawah definisi yang lebih luas untuk kematian yang terkait dengan virus itu.

Menurut badan tersebut, lebih dari 350.000 orang telah meninggal di Rusia akibat virus korona. Angka pemerintah jauh lebih rendah yaitu 180.041. Pihak berwenang Rusia telah dituduh meremehkan efek pandemi covid-19 di negara itu.

Sementara jumlah infeksi harian sekarang menurun, Rusia telah mencapai rekor kematian harian beberapa kali pada Agustus.

Pihak berwenang telah berjuang dengan populasi yang skeptis terhadap vaksin, dengan jajak pendapat independen menunjukkan mayoritas orang Rusia tidak berencana untuk disuntik.(AFP/OL-5)

Baca Juga

Yuri KADOBNOV / AFP

Ukraina Hancurkan 7 Jet Tempur Rusia di Krimea

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 16:15 WIB
Pangkalan tersebut berada di 200 km (125 mil) dari posisi terdekat Ukraina. Analis meragukan bahwa kerusakan itu disebabkan oleh ledakan...
AFP.

Dubes Ukraina Mohon Jakarta Bela Muslim Tatar

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 14:45 WIB
Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasil Hamianin berharap pascakunjungan Presiden Joko Widodo ke Ukraina dapat dilanjutkan dengan bantuan...
Ist/Tass

Tiongkok Bocorkan Tujuan AS Dukung Ukraina

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 09:58 WIB
Duta Besar Tiongkok untuk Rusia, Zhang Hanhui, juga menuduh Washington berusaha menghancurkan Moskow lewat konflik...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya