Kamis 26 Agustus 2021, 07:34 WIB

Jepang Hentikan Penggunaan 1,63 Juta Dosis Vaksin Moderna karena Terkontaminasi

Nur Aivanni | Internasional
Jepang Hentikan Penggunaan 1,63 Juta Dosis Vaksin Moderna karena Terkontaminasi

AFP/Jacob King
Vaksin Covid-19 Moderna

 

JEPANG akan menghentikan penggunaan 1,63 juta dosis vaksin covid-19 Moderna setelah laporan kontaminasi di beberapa lot. Hal itu disampaikan pembuat obat Takeda dan Kementerian Kesehatan pada Kamis (26/8).

Takeda, yang bertanggung jawab atas penjualan dan distribusi suntikan Moderna di Jepang, mengatakan telah menerima laporan dari beberapa pusat vaksinasi bahwa zat asing telah ditemukan di dalam botol yang belum dibuka dari lot tertentu.

"Setelah berkonsultasi dengan kementerian kesehatan, kami telah memutuskan untuk menangguhkan penggunaan vaksin dari lot mulai 26 Agustus," ujar pihak Takeda.

Perusahaan itu mengatakan telah memberi tahu Moderna dan meminta penyelidikan segera. Namun, Moderna tidak segera menanggapi permintaan komentar terkait hal tersebut.

Baca juga:  Jepang Tetapkan Lockdown Darurat Covid-19 Hingga 12 September

Takeda tidak merinci sifat kontaminasi tersebut, tetapi mengatakan sejauh ini belum menerima laporan tentang masalah kesehatan yang timbul dari dosis yang terpengaruh.

Kementerian Kesehatan mengatakan akan bekerja dengan Takeda untuk mengamankan dosis alternatif untuk menghindari gangguan pada program vaksin negara itu, yang telah meningkat setelah awal yang lambat.

Sekitar 43% populasi Jepang saat ini telah divaksinasi lengkap, tetapi negara itu sedang berjuang melawan lonjakan rekor kasus virus yang didorong oleh varian Delta yang lebih menular.

Sekitar 15.500 orang telah meninggal karena covid-19 di negara itu selama pandemi, dan sebagian besar Jepang berada di bawah pembatasan akibat virus korona.(AFP/OL-5)

Baca Juga

AFP/Nicholas Kamm.

Kepala HAM PBB akan Lakukan Perjalanan Penting ke Xinjiang Tiongkok

👤Nur AivanniĀ  🕔Sabtu 21 Mei 2022, 15:16 WIB
Misi selama enam hari Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia Michelle Bachelet itu menyusul permintaan bertahun-tahun untuk akses yang bermakna...
UKRAINIAN INTERIOR MINISTRY PRESS SERVICES/AFP.

8 Orang Terluka dalam Serangan Rusia di Pusat Budaya Ukraina

👤Nur AivanniĀ  🕔Sabtu 21 Mei 2022, 14:30 WIB
Gubernur regional Kharkiv Oleg Sinegubov mengatakan delapan orang terluka, termasuk seorang gadis berusia 11...
KCNA VIA KNS / AFP

Korea Utara Laporkan 200 Ribu Kasus Demam di Tengah Wabah Covid-19

👤Nur Aivanni 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 14:13 WIB
Korea Utara melaporkan lebih dari 200.000 pasien baru yang mengalami demam selama lima hari berturut-turut saat negara itu memerangi wabah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya