Selasa 17 Agustus 2021, 12:06 WIB

Jepang Tetapkan Lockdown Darurat Covid-19 Hingga 12 September

mediaindonesia.com | Internasional
Jepang Tetapkan Lockdown Darurat Covid-19 Hingga 12 September

AFP/Yuki Iwamura
Kondisi masyarakat di Jepang

 

PERPANJANGAN penguncian wilayah atau lockdown dilakukan Jepang pada wilayah Tokyo dan lainnya hingga 12 September. Jepang juga akan memperluas aturan pembatasan ke tujuh prefektur lainnya.

Para pakar kesehatan masyarakat bertemu untuk membahas langkah-langkah tersebut dan Perdana Menteri Yoshihide Suga akan mengadakan konferensi pers pada pukul 21.00 (waktu setempat) untuk menjelaskan keputusan pemerintah.

Keadaan darurat di Jepang saat ini akan berakhir pada 31 Agustus, tetapi lonjakan kasus infeksi virus korona yang terus berlanjut mendorong seruan untuk memperpanjang status keadaan darurat itu. Tokyo mengumumkan 2.962 kasus harian baru covid-19 pada Senin (16/8), setelah mencatat rekor 5.773 kasus pada Jumat (13/8).

Pemerintah Jepang akan memperluas status keadaan darurat ke beberapa prefektur yakni Ibaraki, Tochigi, Gunma, Shizuoka, Kyoto, Hyogo dan Fukuoka. Aturan pembatasan penyebaran virus korona di Jepang termasuk meminta restoran tutup lebih awal dan berhenti menyajikan alkohol dengan imbalan subsidi pemerintah.

Baca juga: Melonjak, Jepang Capai Satu Juta Kasus Covid-19

Pemerintah juga akan memperluas tindakan 'darurat semu' yang tidak terlalu ketat ke empat prefektur tambahan, yaitu Miyagi, Yamanashi, Toyama dan Gifu. Penerapan keadaan darurat yang berulang memiliki efek terbatas dalam memperlambat penyebaran virus korona di Jepang karena upaya kerja sama bersifat sukarela.

Kelelahan akibat pandemi dan liburan musim panas juga dianggap telah berkontribusi terhadap lonjakan kasus covid-19 terbaru di Jepang, di mana hanya sekitar 37% warga yang telah divaksin sepenuhnya.(Ant/OL-5)

Baca Juga

AFP/Benoit PEYRUCQ

Pelaku Teror Paris Divonis Seumur Hidup

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 30 Juni 2022, 05:30 WIB
Salah Abdeslam, warga Prancis keturunan Maroko itu ditangkap hidup-hidup oleh kepolisian Prancis, empat bulan setelah aksi teror di Paris...
AFP/Sergei SUPINSKY

Ukraina Putuskan Hubungan dengan Suriah karena Akui Negara Separatis

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 30 Juni 2022, 04:52 WIB
Suriah memicu kemarahan Ukraina setelah menjadi negara pertama di dunia selain Rusia yang mengakui kemerdekaan kedua negara separatis itu,...
AFP/LOUAI BESHARA

Suriah Akui Kemerdekaan Dua Negara Separatis Ukraina

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 30 Juni 2022, 04:44 WIB
"Republik Arab Suriah memutuskan untuk mengakui kemerdekaan dan kedaulatan Republik Rakyat Lugansk dan Republik Rakyat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya