Rabu 04 Agustus 2021, 10:14 WIB

Peluang Tertular Covid-19 Menjadi Hanya Sepertiga Bagi Mereka yang Telah Divaksin Penuh

Basuki Eka Purnama | Internasional
Peluang Tertular Covid-19 Menjadi Hanya Sepertiga Bagi Mereka yang Telah Divaksin Penuh

AFP/Oli SCARFF
Warga menerima suntikan vaksin covid-19 di Bolton, Inggris

 

ORANG yang telah menerima vaksinasi penuh di Inggris hanya memiliki peluang sepertiga tertular covid-19. Hal itu terungkap dalam penelitian yang dirilis Rabu (4/8).

Penelitian jangka panjang yang dilakukan ilmuwan dari Imperial College London dan perusahaan peneliti Ipsos MORI dilakukan berdasarkan 98.233 hasil tes swab antara 24 Juni dan 12 Juli.

Hasilnya menunjukkan satu dari 160 orang terinfeksi covid-19 dengan prevalensi 1,21% bagi responden yang belum divaksin dan 0,4% bagi mereka yang telah divaksin penuh.

Baca juga: Dituduh Sebarkan Covid-19 Varian Delta, Nenek asal Nanjing Ditangkap Polisi

Penelitian itu juga menemukan mereka yang telah divaksin penuh lebih tidak menular ketimbang mereka yang tidak divaksin.

Meski begitu, para peneliti meminta warga Inggris waspada setelah pemerintah memutuskan melonggarkan pembatasan di seluruh wilayah Inggris mulai 19 Juli, termasuk kebijakan memakai masker di dalam ruangan.

Paul Elliott, profesor dari School of Public Health, Imperial College, yang juga pemimpin survei itu, mengatakan penelitian mereka mengonfirmasi data sebelumnya yang menunjukkan bahwa dua dosis vaksin covid-19 memberikan perlindungan yang memadai.

"Meski begitu, kami juga melihat masih adanya peluang terinfeksi, mengingat tidak ada vaksin yang 100% efektif. Kami juga tahu ada beberapa orang yang telah divaksin penuh tetap terinfeksi covid-19," ujar Elliott.

"Jadi, meski saat ini ada pelonggaran pembatasan, kita harus tetap berhati-hati demi melindungi satu sama lain dan menekan angka infeksi," pungkasnya. (AFP/OL-1)

Baca Juga

AFP/Jack Guez.

Penyelam Israel Temukan Pedang Tentara Salib Berusia 900 Tahun

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 12:54 WIB
Otoritas Barang Antik Israel (IAA) mengatakan penyelam Shlomi Katzin menemukan pedang besi yang sekarang diselimuti organisme...
AFP/Fred TANNEAU

Peternak Lebah Prancis Perkirakan Panen Madu terburuk Akibat perubahan Iklim

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 11:45 WIB
Pons mengatakan peternak lebah di seluruh Eropa telah dilanda cuaca buruk dan perubahan iklim akan berdampak jangka panjang pada produksi...
AFP/Olivier DOULIERY

Trump Serang Colin Powell, Sehari Setelah Kematiannya

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 11:00 WIB
Trump juga menjuluki Powell sebagai RINO--Republican In Name...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Rakyat Kalimantan Selatan Menggugat Gubernur

Sebanyak 53 warga terdampak bencana banjir dari sejumlah kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan menggugat Gubernur Sahbirin Noor.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya