Rabu 21 Juli 2021, 08:52 WIB

Panda yang Dipinjamkan Tiongkok ke Prancis Hamil Lagi

Basuki Eka Purnama | Internasional
Panda yang Dipinjamkan Tiongkok ke Prancis Hamil Lagi

AFP/Guillaume SOUVANT
Panda betina yang dipinjamkan Tiongkok ke Prancis, Huan Huan

 

HUAN Huan, panda betina yang dipinjamkan Tiongkok ke Prancis, sejak 2012, hamil lagi dan berpeluang kembali menghadirkan bayi panda di 'Negeri Mode' itu. Hal itu diungkapkan Kebun Binatang Beauval, Selasa (20/7).

"Pemeriksaan ultrasound, beberapa jam lalu, mengonfirmasi keberadaan janin panda," ujar juru bicara kebun binatang itu sembari menambahkan kelahiran bayi panda itu kemungkinan terjadi pada akhir bulan ini atau awal Agustus.

Reproduksi panda, baik di penangkaran maupun alam liar, terkenal sulit karena panda betina hanya mengalami masa berahi sekali setahun dan hanya berdurasi sekitar 48 jam.

Baca juga: Banjir di Zhengzhou Tiongkok Akibatkan 12 Orang Meninggal

Huan Huan dan pasangannya, Yuan Zi, membuat gembira pengelola kebun binatang pada Maret saat mereka melakukan 'kontak', sebanyak delapan kali selama akhir pekan.

Dokter hewan juga melakukan inseminasi buatan kepada Huan Huan.

Bayi pertama Huan Huan, Yuan Meng, lahir pada 2017, berkat teknik inseminasi buatan. Yuan Meng merupakan panda pertama yang lahir di Prancis.

Kini telah berukuran sama dengan ibunya, Yuan Meng telah dipulangkan ke Tiongkok tempat 2 ribu panda hidup di alam liar dan sekitar 500 lainnya hidup di penangkaran.

Jumlah panda di dunia telah naik sejak binatang itu dinyatakan sebagai hewan terancam punah pada 1980-an berkat upaya melindungi hewan itu dan habitatnya. (AFP/OL-1)

Baca Juga

AFP/Jack Guez.

Menhan Israel akan Bahas Spyware Pegasus dengan Prancis

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 27 Juli 2021, 18:05 WIB
Ada sejumlah topik yang akan dibahas, seperti krisis di Libanon, negosiasi nuklir dengan Iran, dan malware Pegasus yang dibuat oleh...
STR / AFP

Junta Myanmar Batalkan Hasil Pemilu yang Menangkan Partai Suu Kyi

👤Nur Aivanni 🕔Selasa 27 Juli 2021, 16:10 WIB
Investigasi telah mengungkap lebih dari 11 juta kasus kecurangan dalam pemilihan di mana Liga Nasional untuk Demokrasi pimpinan Suu Kyi...
AFP/Saeed Khan.

Varian Delta Terkendali, Melbourne akan Cabut Lockdown

👤 Nur Aivanni 🕔Selasa 27 Juli 2021, 13:17 WIB
Setidaknya selama dua minggu, masyarakat tidak dapat mengundang tamu ke rumah mereka dan jumlah orang dalam pertemuan di luar ruangan akan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Saling Jaga dari Serangan Virus

PANDEMI covid-19 telah berdampak besar bagi warga, terutama bagi mereka yang memiliki penghasilan harian, seperti ojek daring, buruh harian, dan pekerja lepas.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya