Selasa 20 Juli 2021, 10:37 WIB

Adelaide Di-Lock Down

Basuki Eka Purnama, Nur Aivanni | Internasional
Adelaide Di-Lock Down

AFP/Saeed KHAN
Seorang warga mengenakan masker melintas di George Street yang kosong di Sydney, Australia.

 

ADELAIDE, Selasa (20/7), menjadi kota terbaru di Australia yang di-lock down saat negara itu berjuang mengatasi penyebaran covid-19.

Negara Bagian South Australia, tempat Adelaide menjadi ibu kota, menyusul Sydney dan Melbourne untuk di-lock down setelah ditemukan lima kasus lokal.

Keputusan itu berarti lebih dari 14 juta Australia kini diharustkan tinggal di dalam rumah saja.

Baca juga: Biden Kembali Desak Warga AS agar Divaksin Covid-19

"Mulai pukul 18.00 hari ini, South Australia di-lockdown," ungkap premier South Australia Steven Marshall sembari mengatakan kebijakan itu berlaku setidaknya selama 7 hari.

"Kami tidak suka memberlakukan pembatasan ini namun kami merasa ini adalah satu-satunya cara untuk mengatasi pandemi covid-19," lanjutnya.

Saat ini, baru 11% dari 25 juta warga Australia yang telah divaksin. Meski begitu, sejauh ini, penyebaran covid-19 berhasil ditekan di negara itu.

Selama beberapa bulan terakhir, pemerintah Australia tengah berjuang keras mengatasi penyebaran covid-19 varian Delta, yang dibawa setelah seorang awak kabin menulari seorang sopir di Sydney.

Virus itu kini telah menyebar lintas perbatasan negara bagian dan menyebabkan sekitar 100 kasua baru per harinya di Australia.

Lockdown di Sydney, yang telah memasuki pekan keempat, sukses menekan angka penyebaran covid-19 namun kasus baru masih terus terjadi.

Kasus covid-19 di Sydney kini berjumlah 1.418 ribu kasus, dengan 78 kasus baru dilaporkan pada Selasa (20/7). (AFP/OL-1)

Baca Juga

STR / AFP

Junta Myanmar Batalkan Hasil Pemilu yang Menangkan Partai Suu Kyi

👤Nur Aivanni 🕔Selasa 27 Juli 2021, 16:10 WIB
Investigasi telah mengungkap lebih dari 11 juta kasus kecurangan dalam pemilihan di mana Liga Nasional untuk Demokrasi pimpinan Suu Kyi...
AFP/Saeed Khan.

Varian Delta Terkendali, Melbourne akan Cabut Lockdown

👤 Nur Aivanni 🕔Selasa 27 Juli 2021, 13:17 WIB
Setidaknya selama dua minggu, masyarakat tidak dapat mengundang tamu ke rumah mereka dan jumlah orang dalam pertemuan di luar ruangan akan...
AFP/ROSLAN RAHMAN

Rayakan HUT ke-30, SIF Gelar Public Diplomacy in Asia Conference

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 27 Juli 2021, 12:25 WIB
Diskusi selama lima hari ini akan berfokus pada kebijakan dan praktik diplomasi publik di Asia, serta peluncuran Winning Hearts and Minds:...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Saling Jaga dari Serangan Virus

PANDEMI covid-19 telah berdampak besar bagi warga, terutama bagi mereka yang memiliki penghasilan harian, seperti ojek daring, buruh harian, dan pekerja lepas.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya