Senin 19 Juli 2021, 08:23 WIB

Kedutaan Besar Korsel untuk Indonesia belum Evakuasi Warga dari Indonesia

Basuki Eka Purnama | Internasional
Kedutaan Besar Korsel untuk Indonesia belum Evakuasi Warga dari Indonesia

ANTARA/SAPTONO
Ilustrasi--bendera Korea Selatan dan Indonesia

 

KEDUTAAN Besar Korea Selatan (Korsel) untuk Indonesia membantah laporan sejumlah media yang melaporkan mereka telah mengevakuasi warga mereka seiring memburuknya situasi pademi covid-19 di Indonesia.

"Sejauh ini, pemerintah Korea Selatan belum mempertimbangkan langkah untuk mengevakuasi warga Korea dari Indonesia. Perusahaan-perusahaan Korea Selatan tetap menjalankan investasi di Indonesia sesuai dengan rencana yang ada untuk memulihkan perekonomian Indonesia," ungkap Kedutaan Besar Korsel dalam keterangan resmi.

"Sebagai bagian dari masyarakat Indonesia yang hidup dan mencari nafkah di Indonesia, komunitas warga Korea juga turut berupaya untuk mengatasi Covid-19 bersama dengan masyarakat Indonesia," lanjut Kedubes Korsel.

Baca juga: Menteri Kesehatan Inggris Dinyatakan Positif Covid-19

Namun, Kedutaan Besar Korsel mengonfirmasi bahwa ada sejumlah warga Korsel yang dinyatakan positif covid-19 dan sebagian pasien yang mengalami gejala berat telah dipulangkan ke Korsel karena sulitnya mendapatkan ruang perawatan di Indonesia.

Selain itu, warga Korsel, khususnya para pemegang KITAS/KITAP yang pulang ke Korea untuk sementara waktu, belum dapat kembali ke Indonesia lantaran kebijakan larangan masuk WNA yang dikeluarkan pemerintah Indonesia belakangan ini. Sebagai imbasnya, kegiatan berinvestasi dan berbisnis mereka di Indonesia pun terhambat.

Terkait dengan hal tersebut, Kedutaan Besar Republik Korea untuk Indonesia meminta kerja sama pemerintah Indonesia agar kebijakan terkait dapat dibenahi sehingga warga dan pengusaha Korea yang berkeinginan masuk ke Indonesia dapat masuk ke Indonesia dengan menaati protokol kesehatan. (RO/OL-1)

Baca Juga

AFP/Jack Guez.

Menhan Israel akan Bahas Spyware Pegasus dengan Prancis

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 27 Juli 2021, 18:05 WIB
Ada sejumlah topik yang akan dibahas, seperti krisis di Libanon, negosiasi nuklir dengan Iran, dan malware Pegasus yang dibuat oleh...
STR / AFP

Junta Myanmar Batalkan Hasil Pemilu yang Menangkan Partai Suu Kyi

👤Nur Aivanni 🕔Selasa 27 Juli 2021, 16:10 WIB
Investigasi telah mengungkap lebih dari 11 juta kasus kecurangan dalam pemilihan di mana Liga Nasional untuk Demokrasi pimpinan Suu Kyi...
AFP/Saeed Khan.

Varian Delta Terkendali, Melbourne akan Cabut Lockdown

👤 Nur Aivanni 🕔Selasa 27 Juli 2021, 13:17 WIB
Setidaknya selama dua minggu, masyarakat tidak dapat mengundang tamu ke rumah mereka dan jumlah orang dalam pertemuan di luar ruangan akan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Saling Jaga dari Serangan Virus

PANDEMI covid-19 telah berdampak besar bagi warga, terutama bagi mereka yang memiliki penghasilan harian, seperti ojek daring, buruh harian, dan pekerja lepas.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya