Jumat 16 Juli 2021, 10:54 WIB

Biden Tengah Tinjau Soal Larangan Perjalanan dari Eropa

Nur Aivanni | Internasional
Biden Tengah Tinjau Soal Larangan Perjalanan dari Eropa

AFP
Presiden AS Joe Biden

 

PRESIDEN AS Joe Biden, pada Kamis (15/7), mengatakan Amerika Serikat sedang meninjau kapan dapat mencabut pembatasan yang melarang sebagian besar warga negara non-AS untuk bepergian ke Amerika Serikat dari sebagian besar Eropa setelah Kanselir Jerman Angela Merkel mengangkat masalah tersebut.

"Itu sedang dalam proses sekarang," kata Biden tentang diskusi kapan pembatasan bisa dicabut.

Dia berharap dapat menjawabnya dalam beberapa hari ke depan apa yang mungkin terjadi.

"Saya menunggu dari orang-orang di tim covid-19 kami tentang kapan itu harus dilakukan," ucapnya.

Maskapai dan lainnya telah mendesak pemerintah untuk mencabut pembatasan yang mencakup sebagian besar warga negara non-AS yang baru-baru ini berada di Inggris, 26 negara Schengen di Eropa tanpa kontrol perbatasan, Irlandia, Tiongkok, India, Afrika Selatan, Iran, dan Brasil.

Baca juga:  Inggris Tambahkan Tiga Negara ke Daftar Larangan Terbang

Banyak negara yang tidak dikenai pembatasan perjalanan memiliki tingkat covid-19 jauh lebih tinggi daripada banyak negara Eropa yang dicakup oleh pembatasan sejak Maret 2020.

Pada awal Juni, Gedung Putih meluncurkan kelompok kerja antarlembaga dengan Uni Eropa, Inggris, Kanada, dan Meksiko untuk melihat bagaimana akhirnya mencabut pembatasan. Pertemuan-pertemuan itu biasanya dilakukan setiap dua minggu sekali, tetapi beberapa baru-baru ini ditunda.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, kata sumber, ingin maskapai penerbangan menerapkan pelacakan kontak penumpang internasional sebagai bagian dari pencabutan pembatasan. Tidak jelas berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengimplementasikannya.

Maskapai dan beberapa pejabat pemerintah mengatakan mereka tidak mengantisipasi Amerika Serikat mencabut pembatasan paling cepat hingga Agustus. (Straits Times/OL-5)

Baca Juga

Medcom.id/Annisa Ilustrasi virus korona (covid-19).

Malaysia Deteksi Kasus Pertama Varian Omicron

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Jumat 03 Desember 2021, 14:15 WIB
Portal berita Malaysiakini melaporkan, siswa tersebut saat ini dikarantina bersama dengan lima orang lainnya yang berada di bus bersama...
Medcom.id

AS Tidak Yakin akan Kesepakatan Nuklir Iran

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Jumat 03 Desember 2021, 09:58 WIB
Perdana Menteri Israel Naftali Bennett telah menyerukan penghentian pembicaraan, yang dilanjutkan pada hari Senin. Blinken menolak...
Medcom.id

Iran: Kesepakatan Nuklir Tergantung Niat Baik Pihak Barat

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Jumat 03 Desember 2021, 09:38 WIB
AS, yang secara sepihak menarik diri dari kesepakatan pada 2018, hanya berpartisipasi dalam pembicaraan secara tidak langsung atas desakan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya