Rabu 14 Juli 2021, 12:48 WIB

AS Minta ASEAN Bertindak Akhiri Krisis di Myanmar

Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
AS Minta ASEAN Bertindak Akhiri Krisis di Myanmar

AFP
Rakyat Myanmar mengungsi akibat pertempuran militer dengan People's Defence Force, penentang kudeta militer.

 

AMERIKA Serikat (AS) meminta Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) untuk bertindak guna mengakhiri krisis di Myanmar.

“Amerika Serikat memiliki keprihatinan mendalam tentang kudeta militer di Myanmar dan meminta negara-negara Asia Tenggara untuk mengambil tindakan guna mengakhiri kekerasan dan memulihkan demokrasi di negara itu,” kata Menteri Luar Negeri Antony Blinken pada Rabu (14/7).

ASEAN telah memimpin upaya diplomatik utama di negara anggotanya, Myanmar sejak kudeta 1 Februari yang menjerumuskan negara tersebut ke dalam kekacauan.

“Saat konferensi video dengan para Menteri Luar Negeri ASEAN pada Rabu, Blinken mendesak ASEAN untuk mengambil tindakan segera pada konsensus lima poin, yang disepakati pada April, untuk menunjuk seorang utusan khusus bagi Myanmar,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price dalam sebuah pernyataan.

Myanmar telah jatuh ke dalam kekacauan setelah kudeta, dengan ratusan pengunjuk rasa dibunuh oleh pasukan keamanan. Sementara ribuan lainnya dipenjara di tengah serangan yang melumpuhkan dan menyebarkan konflik di wilayah perbatasan.

“Blinken meminta pembebasan semua orang yang ditahan secara tidak adil di negara itu, dan pemulihan transisi demokrasi Myanmar,” tutur Price.

Blinken juga menekankan penolakan AS terhadap klaim maritim yang melanggar hukum Tiongkok di Laut China Selatan dan mengatakan Washington berdiri dengan Asia Tenggara dalam menghadapi paksaan (Tiongkok). (Aiw/Straitstimes/OL-10)

Baca Juga

AFP/Maya Alleruzzo and Bandar Al-Jaloud.

Usai Ditelepon, Netanyahu Izinkan Putra Mahkota Saudi Pergunakan Pegasus

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 23:02 WIB
Mereka merujuk pada kasus Jamal Khashoggi. Jurnalis itu dilacak dengan spyware menjelang pembunuhannya pada...
AFP/Jaafar Ashtiyeh.

Berakhirnya Panjajahan Israel dan Berdirinya Palestina tidak Tergantung Bennett

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 22:26 WIB
Al-Sheikh menanggapi pernyataan Bennett bahwa dia tidak akan berdamai dengan Otoritas Palestina atau bernegosiasi dengannya atau mendukung...
AFP/Julien De Rosa.

Aktivis Palestina yang Dibebaskan Sebut Mesir sebagai Penjara Besar

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 21:33 WIB
Pada awalnya rekan-rekan tahanannya sebagian besar ialah aktivis masyarakat sipil atau pendukung kelompok Islamis termasuk Ikhwanul...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya