Jumat 09 Juli 2021, 18:05 WIB

Singapura Kirim Bantuan 200 Ventilator dan 256 Tabung Oksigen

Ferdian Ananda Majni | Internasional
Singapura Kirim Bantuan 200 Ventilator dan 256 Tabung Oksigen

Handout / INDONESIAN MILITARY / AFP
Kedatangan bantuan dari Singapura yang diangkut pesawat hercules, hari ini.

 

INDONESIA menerima bantuan dan dukungan dari Pemerintah Singapura untuk mempercepat penanggulangan pandemi covid-19, yang mana dalam beberapa waktu terakhir mengalami lonjakan kasus yang tinggi.

Bantuan berupa 200 ventilator, 256 tabung oksigen kosong ukuran 40 liter, serta 30 unit oksigen consentrator dari total 10.000 unit pembelian mandiri dari Pemerintah Indonesia yang dibawa menggunakan dua pesawat Singapore Air Force C130 telah tiba di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta pada Jumat (9/7), untuk selanjutnya dilakukan serah terima perwakilan dari Pemerintah Singapura kepada Pemerintah Indonesia.

Atas bantuan yang diberikan Sekretaris Jenderal Oscar Primadi menyampaikan ucapan terima kasihnya serta apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Singapura atas komitmennya dalam membantu Indonesia mengendalikan covid-19. Hal ini sekaligus sebagai bukti hubungan kedua negara berjalan dengan sangat baik.

“Saya ingin menyampaikan apresiasi untuk kerjasama dan solidaritas dari Pemerintah dan seluruh warga Singaoura, atas konsistensinya untuk membantu melawan covid-19 di Indonesia,” sebutnya Sekjen.

Baca juga: Singapura Serahkan Bantuan untuk Indonesia Perangi Covid-19

Setibanya di Indonesia, seluruh bantuan tersebut selanjutnya akan di kalibrasi dan dilakukan pengecekan fungsi di pusat fasyankes serta Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan (BPFK) untuk memastikan keselamatan dan keamanan alat-alat kesehatan.

Selain Singapura, Australia dan Republik Rakyat Tingkok (RRT) juga telah menyampaikan kesiapannya untuk membantu dan mendukung Indonesia dalam menanggulangi pandemi covid-19.

Pemerintah Australia menyatakan akan memberikan sumbangan berupa 1000 ventilator CPAP BAST, yang rencananya tiba di Indonesia malam ini.

Pemerintah RRT juga akan mengirimkan sejumlah peralatan medis yang dibutuhkan seperti 1000 unit oksigen concentrator 5 liter, 500 unit oksigen concentrator 10 liter. Bantuan tersebut siap dikirim dari Shanghai ke Indonesia dalam waktu dekat ini.

Sekjen kembali mengapresiasi dukungan kerja sama yang diberikan oleh sejumlah negara sahabat terhadap Indonesia, menurutnya kerja sama ini sangatlah penting untuk membangun solidaritas global dalam mempercepat penanggulangan pandemi covid-19 di dunia. (OL-4)

Baca Juga

AFP/NARINDER NANU

Rekor, India Capai 22 juta Suntikan Vaksin Covid-19 di Ultah PM Narendra Modi

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Sabtu 18 September 2021, 11:43 WIB
Jumlah vaksinasi harian terbaik sebelumnya adalah 14 juta pada bulan Agustus. Kini mencapai rekor dengan 22 juta suntikan per...
Ilustrasi

Prancis Tarik Duta Besarnya di Australia dan AS

👤Nur Aivanni 🕔Sabtu 18 September 2021, 11:18 WIB
Menlu Jean-Yves Le Drian mengatakan Presiden Emmanuel Macron memerintahkan penarikan kembali para utusan setelah Canberra membatalkan...
medcom

AS Akui Serangan di Kabul Tewaskan 10 Warga Sipil bukan Militan ISIS

👤Nur Aivanni 🕔Sabtu 18 September 2021, 09:45 WIB
Serangan itu, kata McKenzie, dimaksudkan untuk menargetkan operasi ISIS yang diduga oleh intelijen AS bertujuan untuk menyerang bandara...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Ramai-Ramai Abai Laporkan Kekayaan

KPK mengungkap kepatuhan para pejabat membuat LHKPN tahun ini bermasalah. Akurasinya juga diduga meragukan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya