Minggu 24 Januari 2021, 09:16 WIB

Brasil Distribuskan 2 Juta Vaksin Covid-19 AstraZeneca Asal India

Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
Brasil Distribuskan 2 Juta Vaksin Covid-19 AstraZeneca Asal India

AFP/NELSON ALMEIDA
Petugas menyiapkan vaksin covid-19 di RS Clinicas di Sao Paulo, Brasil.

 

FICORUZ Institute melaporkan Brasil telah meluncurkan 2 juta vaksin covid-19 AstraZeneca siap pakai yang diproduksi di India.

Lembaga itu mengatakan pihaknya mulai mendistribusikan vaksin setelah program distribusi lain, yang melibatkan kesepakatan antara pemerintah Brasil dan AstraZeneca, terhenti karena penundaan bahan aktif yang dikirim dari Tiongkok.

Brasil berharap dapat memproduksi hingga 100 juta dosis vaksin covid-19 itu secara lokal sebagai bagian dari perjanjian tersebut.

Baca juga: Trudeau Gunakan Meme Sanders untuk Cegah Warga Kanada Keluar Rumah

Menyusul upaya diplomatik yang cukup besar antara Brasil dengan India, AstraZeneca setuju memasok Brasil dengan 2 juta dosis siap pakai.

Presiden Brasil Jair Bolsonaro, yang berulang kali meremehkan ancaman covid-19, menerima kritikan yang terus meningkat atas penanganannya terhadap peluncuran vaksin dan ketidakmampuan pemerintahnya mengendalikan pandemi yang melonjak.

Brasil telah mencatat kematian covid-19 terbanyak kedua di dunia dengan lebih dari 215.000 kasus serta setidaknya 8,7 juta kasus positif sejak dimulainya pandemi, menurut data Universitas Johns Hopkins.

Negara itu sedang berjuang mengelola lonjakan besar jumlah infeksi dan rawat inap, termasuk di Negara Bagian Amazonas yang terdampak parah, dengan rumah sakit telah kewalahan karena menyusutnya pasokan oksigen dan peralatan lainnya.

Peluncuran AstraZeneca dilakukan setelah Brasil juga mulai mendistribusikan vaksin Sinovac Biotech Ltd akhir pekan lalu, yang dikembangkan dalam kemitraan dengan Institut Butantan Sao Paulo. Distribusi itu juga terganggu oleh penundaan pengiriman. (Aljazeera/OL-1)

Baca Juga

OSHIKAZU TSUNO / POOL / AFP

Tokyo Perpanjang Keadaan Darurat Covid-19 Hingga 21 Maret

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 05 Maret 2021, 10:51 WIB
Dalam keadaan darurat, pemerintah telah meminta restoran dan bar tutup pada pukul 8 malam serta berhenti menyajikan alkohol satu jam lebih...
Tiziana FABI / AFP

Italia Blokade Ekspor Vaksin Covid-19 AstraZeneca ke Australia

👤 Nur Aivanni 🕔Jumat 05 Maret 2021, 09:53 WIB
Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Luar Negeri Italia mengatakan bahwa pengiriman tersebut dihentikan karena terus kekurangan vaksin di...
AFP

Kementerian dan Konglomerat Militer Myanmar Masuk Daftar Hitam AS

👤Nur Aivanni 🕔Jumat 05 Maret 2021, 08:45 WIB
AS menambahkan Kementerian Pertahanan dan Kementerian Dalam Negeri serta konglomerat militer teratas di Myanmar dalam daftar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya