Senin 18 Januari 2021, 08:26 WIB

Varian Baru Covid-19 Ditemukan di Rumah Jompo Belgia

Nur Aivanni | Internasional
Varian Baru Covid-19 Ditemukan di Rumah Jompo Belgia

KURT DESPLENTER / BELGA / AFP
Tiga orang meninggal setelah virus covid-19 dari Inggris mulai menyebar di rumah jompo De Groene Verte, Houthulst, Belgia.

 

LEBIH dari 100 orang telah terinfeksi jenis virus korona Inggris di sebuah rumah jompo di Belgia. Hal itu disampaikan oleh direktur rumah jompo Jurgen Duyck kepada AFP, Minggu (17/1). Tiga orang meninggal setelah virus mulai menyebar di rumah De Groene Verte di Houthulst, Belgia. Sebanyak 111 orang telah dikonfirmasi terinfeksi, termasuk 39 anggota staf. Klaster tersebut mewakili dua pertiga dari penghuni rumah.

Kantor berita Belgia awalnya melaporkan bahwa delapan orang lainnya telah terinfeksi di sebuah rumah untuk penyandang disabilitas di daerah yang sama, tetapi kemudian diklarifikasi bahwa belum diketahui apakah mereka memiliki varian Inggris.

Belgia salah satu negara dengan tingkat kematian per kapita terburuk di dunia akibat virus korona. Panti jompo mewakili lebih dari setengah dari keseluruhan kematian akibat penyakit itu, menurut Institut Kesehatan Masyarakat. Walikota Joris Hindryckx mengatakan wabah di Houthulst telah mendorong penghentian semua kegiatan sosial dan olahraga di kota berpenduduk sekitar 10.000 orang itu.

baca juga: Cegah Varian Baru Covid, Italia Tangguhkan Penerbangan dari Brasil

Sumber kontaminasi tidak diketahui, tetapi walikota mengatakan infeksi itu pasti tidak secara langsung. Wali Kota Hindryckx mengatakan mereka yang terinfeksi harus dikarantina selama 10 hari, bukan tujuh hari seperti biasanya. Tetapi seorang ahli epidemiologi mendesak penguncian penuh di Houthulst dan meminta semua penduduk untuk dites covid-19.

Warga rumah jompo Houthulst, kata Hindryckx, akan divaksinasi covid-19 pekan ini, tetapi program itu ditunda karena banyaknya pasien covid. Sejak awal pandemi, Belgia telah mencatat 677.209 kasus dan 20.396 kematian. (AFP/OL-3)

Baca Juga

AFP/STR.

Tewas Dalam Aksi, Gadis Myanmar Berpesan Ingin Donor Organ Tubuh

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Jumat 05 Maret 2021, 03:50 WIB
Beberapa minggu kemudian dia ditembak mati oleh polisi, tepatnya pada Rabu (3/3) dalam protes di jalanan kota Mandalay. Saat itu, kaosnya...
Antara

Pendaftar Vaksinasi Covid-19 Malaysia Masih Rendah

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 04 Maret 2021, 23:20 WIB
Program Imunisasi Covid-19 Kebangsaan (PICK) fase pertama yang telah dimulai pada 26 Februari...
aa.com.tr

Brasil Catat Rekor Tertinggi Kematian Pasien Covid-19

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 04 Maret 2021, 22:50 WIB
Rekor kasus baru harian Covid-19 sebelumnya dilaporkan pada 7 Januari, dengan 87.743...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya