Kamis 14 Januari 2021, 14:38 WIB

Trump Dimakzulkan, Biden: Senat Punya Tanggungjawab Konstitusional

Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
Trump Dimakzulkan, Biden: Senat Punya Tanggungjawab Konstitusional

Alex Wong/Getty Images/AFP
Presiden AS Terpilih Joe Biden

 

DEWAN Perwakilan Rakyat AS memakzulkan Donald Trump pada Rabu (13/1) karena dinilai telah mendorong massa pendukungnya untuk menyerbu gedung Capitol untuk menggagalkan sertifikasi pemilihan presiden.

Menanggapi hal tersebut, Presiden terpilih AS Joe Biden mengatakan DPR telah menggunakan kekuasaannya untuk meminta pertanggungjawaban presiden.

"Hari ini, anggota DPR menggunakan kekuasaan yang diberikan kepada mereka di bawah konstitusi kita dan memilih untuk memakzulkan dan meminta pertanggungjawaban presiden," ujar Biden dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Presiden Donald Trump Dukung Larangan Investasi AS di Tiongkok

Selain itu, Biden berharap pimpinan Senat akan menemukan cara untuk menangani tanggung jawab konstitusional mereka pada pemakzulan serta mengerjakan urusan mendesak bangsa lainnya.

“Bangsa ini juga masih dalam cengkeraman virus mematikan dan ekonomi yang sedang goyah. Saya berharap pimpinan Senat akan menemukan cara untuk menangani tanggung jawab konstitusional mereka terkait pemakzulan sembari mengerjakan urusan mendesak lainnya di negara ini," tuturnya.

Pemakzulan kali ini merupakan yang kedua bagi Trump. Sebelumnya, pria berusia 74 tahun itu sempat dimakzulkan pada Desember 2019 atas dua tuduhan, yaitu penyalahgunaan kekuasaan terkait dengan dugaan tekanan terhadap Ukraina untuk menyelidiki putra dari Joe Biden, yang menjadi saingan terberatnya dalam pemilihan presiden.

Selain itu, Trump juga dinilai menghalangi Kongres untuk menyelidiki permintaannya tersebut pada Ukraina. Namun, dia dibebaskan oleh pemungutan suara Senat AS yang dikuasai Partai Republik. (The Guardian/OL-4)

Baca Juga

Anthony WALLACE / AFP

Hong Kong Akan Berlakukan Lockdown Wilayah untuk Pertama Kalinya

👤 Nur Aivanni 🕔Jumat 22 Januari 2021, 13:08 WIB
Lockdown merupakan tindakan pertama yang diambil kota yang dikuasai Tiongkok itu sejak pandemi dimulai, menurut laporan sebuah surat kabar...
AFP/	ESTEBAN COLLAZO

Presiden Argentina Divaksin Covid-19 Sputnik V Rusia

👤Nur Aivanni 🕔Jumat 22 Januari 2021, 12:36 WIB
"Mendapatkan vaksinasi berfungsi untuk menjadi kebal terhadap virus korona. Ayo...
AFP/SABAH ARAR

ISIS Klaim Bom Bunuh Diri di Baghdad yang Tewaskan 32 Orang

👤Nur Aivanni 🕔Jumat 22 Januari 2021, 10:45 WIB
Pelaku pertama menarik kerumunan di pasar ramai di Tayaran Square dengan mengaku merasa sakit lalu mengaktifkan bahan peledak, disusul oleh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya