Rabu 25 November 2020, 09:34 WIB

AS Siapkan 6,4 Juta Dosis Vaksin Covid-19 untuk Tahap Pertama

Nur Aivanni | Internasional
AS Siapkan 6,4 Juta Dosis Vaksin Covid-19 untuk Tahap Pertama

AFP/JOEL SAGET
Foto ilustrasi yang menampilkan tabung bertuliskan vaksin covid-19 bersama logo Pfizer dan Biontech.

 

AMERIKA Serikat (AS) berencana mendistribusikan 6,4 juta dosis vaksin covid-19 Pfizer-BioNTech pada pekan pertama setelah vaksin tersebut disetujui untuk penggunaan darurat, yang kemungkinan besar bulan depan. Hal itu disampaikan para pejabat AS, Selasa (24/11).

Sebuah komite dari Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) akan bertemu pada 10 Desember untuk memutuskan apakah akan memberi lampu hijau untuk vaksin tersebut.

Kepada wartawan, Kepala Operation Warp Speed Jenderal Gustave Perna mengatakan sekitar 40 juta dosis vaksin akan tersedia pada akhir Desember.

Baca juga: Prancis akan Akhiri Lockdown pada 15 Desember

Angka itu termasuk vaksin lain yang dikembangkan Moderna dan National Institutes for Health yang mengumumkan beberapa hasil kemanjuran awal pada pekan lalu dan juga hampir mengajukan permohonan untuk persetujuan darurat.

Vaksin Pfizer memiliki persyaratan penyimpanan jangka panjang yang sangat dingin -70 derajat Celcius dan perusahaan telah mengembangkan wadah khusus dengan es kering agar tetap dingin hingga selama 15 hari.

Perna mengatakan 64 yurisdiksi di seluruh AS - termasuk 50 negara bagian, wilayah seperti ibu kota Washington dan Puerto Rico serta reservasi Indian - menerima jumlah alokasi mereka pada Jumat (27/11). Jumlah yang mereka terima akan proporsional dengan ukuran populasi mereka.

Pemerintah federal akan mengeluarkan rekomendasi untuk siapa yang harus diprioritaskan, tetapi otoritas lokal akan membuat keputusan akhir untuk diri mereka sendiri. (AFP/OL-1)

Baca Juga

JOSHUA ROBERTS / AFP

Pembawa Acara TV dan Radio Legendaris Larry King Tutup Usia

👤Adiyanto 🕔Sabtu 23 Januari 2021, 22:50 WIB
lKing telah berjuang melawan covid-19 selama berminggu-minggu dan telah menderita beberapa masalah kesehatan dalam beberapa tahun...
 ANTARA Foto/Faizal

Malaysia Catat Angka Tertinggi Covid-19 Sebanyak 4.275 Kasus

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 23 Januari 2021, 21:28 WIB
Negara Bagian Selangor terus mencatatkan penambahan kasus harian tertinggi yaitu sebanyak 1.421 dalam tempo 24...
AFP/NICOLAS ASFOURI

Setahun Paska Penguncian Wilayah di Wuhan

👤Nur Aivanni 🕔Sabtu 23 Januari 2021, 18:00 WIB
Di Tiongkok, pihak berwenang telah melaporkan kurang dari 5.000 kematian akibat virus itu, sebagian besar dari Wuhan pada awal...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya