Selasa 26 Mei 2020, 05:30 WIB

Perbatasan Rep Ceko dan Slovakia Dibuka Kembali

Basuki Eka Purnama | Internasional
Perbatasan Rep Ceko dan Slovakia Dibuka Kembali

AFP/VLADIMIR SIMICEK
Sebuah mobil melintas di perbatasan antara Slovakia dan Austria.

 

REP Ceko dan Slovakia akan membuka kembali perbatasan mereka pada pekan ini selama 48 jam. Hal itu diungkapkan Perdana Menteri Rep Ceko Andrej Babis, Senin (25/5).

"Warga akan diizinkan melintas perbatasan tanpa harus menjalani tes covid-19 atau karantina mulai Rabu (27/5)," ungkap Babis di Twitter.

Rep Ceko dan Slovakia dulu adalah sebuah negara tunggal hingga 1993. Babis sendiri lahir di Ibu Kota Slovakia, Bratislava.

Kedua negara cukup berhasil mengatasi pandemi covid-19 dengan Slovakia mencatatkan angka kematian terendah per kapita di Uni Eropa dan Rep Ceko juga sukses menekan angka kasus virus korona.

Baca juga: Juli, Spanyol Izinkan Turis Asing Masuk

Pemerintah Rep Ceko juga akan membuka perbatasan dengan Austria dan Jerman pada Selasa (26/5) namun mengharuskan mereka yang masuk dari kedua negara itu untuk menunjukkan hasil tes negatif covid-19.

"Kami telah menegosiasikan kondisi yang sama di perbatasan dengan Jerman dan Austria," ujar Menteri Dalam Negeri Rep Ceko Jan Hamacek.

Kementerian Dalam Negeri mengatakan pemeriksaan secara menyeluruh di perbatasan akan diganti dengan pemeriksaan acak. Meski begitu Rep Ceko masih tidak mengizinkan wisatawan untuk melintas.

Menteri Kesehatan Rep Ceko Adam Vojtech mengatakan pemerintah tengah menyusun aturan baru untuk melonggarkan kebijakan pembatasan perjalanan yang diterapkan pada pertengahan Maret lalu.

Vojtech mengatakan warga Uni Eropa kini diizinkan masuk ke Rep Ceko untuk urusan bisnis atau mengunjungi keluarga mereka selama maksimal 72 jam jika mereka bisa menunjukkan surat bebas dari covid-19.

Restoran, bar, hotel, kastil, kebun binatang, dan kolam renang di Rep Ceko telah dibuka sejak Senin (25/5) saat pemerintah mencabut banyak pembatasan.

Warga Rep Ceko juga tidak lagi diharuskan mengenakan masker di luar rumah kecuali di dalam toko dan transportasi publik. (AFP/OL-1)

Baca Juga

AFP/Mohammed Abed.

Israel akan Tambah 3.000 Izin lagi bagi Pedagang Gaza

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 22:26 WIB
Badan Kementerian Pertahanan Israel yang bertanggung jawab untuk urusan sipil di wilayah Palestina, COGAT, mengatakan jumlah izin pedagang...
AFP/Khalil Mazraawi.

Didera Isu Korupsi, Ikhwanul Muslimin bakal Terpecah Menjadi Dua?

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 21:49 WIB
Mounir menunjuk Osama Suleiman dan Sohaib Abdel-Maqsoud yang berbasis di London sebagai juru bicara kelompok...
AFP/Joseph Prezioso.

Bulan Depan, AS Suntik Vaksin Covid-19 kepada Anak Usia 5-11

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 21:21 WIB
Tim ahli CDC akan bertemu pada 2-3 November mendatang. Badan tersebut diharapkan untuk membuat rekomendasi segera...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menolakkan Ancaman Kemiskinan Ekstrem

Pemerintah perlu memastikan seluruh program penanggulangan kemiskinan ekstrem diterima rumah tangga miskin ekstrem yang ada di wilayah prioritas.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya