Selasa 21 Maret 2023, 18:54 WIB

Hadiri Baznas Award 2023, Wapres Ikut Meriahkan Tarhib Ramadan 2023 

mediaindonesia.com | Humaniora
Hadiri Baznas Award 2023, Wapres Ikut Meriahkan Tarhib Ramadan 2023 

DOK BAZNAS

 

WAKIL Presiden RI KH Ma'ruf Amin menghadiri acara Baznas Award 2023 dalam rangka Hari Ulang Tahun Ke-22 Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di Puri Agung Hotel Sahid Jakarta, Selasa (21/3). Dalam acara tersebut, Wapres Ma'ruf Amin juga berpartisipasi dalam Program Menulis Al-Qur’an sebagai Tarhib menyambut Ramadan 2023. 

Dalam sambutannya, Wapres Ma'ruf Amin mengatakan, ibarat makhluk hidup Baznas memerlukan ekosistem yang baik. "Dengan Baznas Award penghimpunan, pengelolaan dan penyaluran kebermanfaatan zakat diharapkan semakin meningkat,” ujar Wapres Ma'ruf Amin.

Wapres Ma'ruf Amin juga menekankan bahwa semua aktivitas zakat sudah seharusnya dikelola secara profesional dan amanah. Sebagai lembaga pengelola zakat nasional sudah seharusnya Baznas berperan aktif dalam mengoptimalkan ekosistem dan pengelolaan zakat secara nasional.

Wapres juga berpesan agar Baznas mampu berkolaborasi dan bersinergi dengan masing-masing komponen ekosistem zakat dan stakeholder lainnya guna penguatan pengelolaan zakat nasional. "Pemerintah sudah berkomitmen dengan mendorong pelaksana zakat melalui Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS)," imbuh Ma'ruf Amin.

Ketua Baznas RI KH Noor Achmad menyampaikan, Baznas Award merupakan upaya untuk mengapresiasi aktivitas perzakatan yang ada di Indonesia. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Presiden dan Wakil Presiden RI yang telah ikut mensosialisasikan zakat ke berbagai daerah sehingga menghasilkan peningkatan zakat antara 30-35%.

Noor menambahkan, selama pandemi covid-19, peningkatan masyarakat berinfak dan bersedekah begitu luar biasa bahkan melebihi 40%, dan kebanyakan dari kalangan anak-anak muda.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada para muzaki di seluruh Indonesia. Zakat, infak, dan sedekah mereka dinantikan oleh masyarakat yang membutuhkan. Jika kita bersama-sama meningkatkan zakat, kita bisa mengentaskan kemiskinan ekstrem di Indonesia," pungkasnya.

Baznas Award 2023 juga dihadiri oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Ketua BPKH Fadlul Imansyah, Sesmenko Polhukam Letjen (TNI) Teguh Pudjo Rumekso, Rais Am PBNU KH Miftahul Akhyar, KH Said Aqil Siradj, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, serta para penerima anugerah Baznas Award 2023 lainnya.

Menyambut datangnya bulan Ramadan Baznas juga menyelenggarakan Tarhib Ramadan dengan program Menulis Al-Qur`an yang melibatkan 1.000 Amil, 1.000 Muzaki, dan 1.000 Mustahik di seluruh Indonesia, yang telah dimulai sejak Jumat (10/3) di seluruh Indonesia. (S-3)

Baca Juga

MI/Usman Iskandar

Polusi Udara Kian Buruk, Masyarakat Diimbau Jaga Kesehatan

👤Alfredo Sitompul 🕔Rabu 27 September 2023, 08:45 WIB
Terjadi peningkatan kasus penyakit pernapasan sebesar 34% pada saat terjadi kenaikan polusi PM2.5 sebesar 10 mikrog/m3 pada periode...
MI/PANCA SYURKANI

Perlindungan Anak di Dunia Digital Harus Jadi Prioritas

👤Budi Ernanto 🕔Rabu 27 September 2023, 08:42 WIB
Sekitar 60 persen anak-anak yang menggunakan internet terpapar berbagai risiko termasuk perundungan siber, ancaman keamanan, dan terpapar...
Antara

Kemenag Beri Pelatihan Menulis kepada Guru Madrasah

👤Despian Nurhidayat 🕔Rabu 27 September 2023, 08:22 WIB
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam memberi kesempatan kepada para guru madrasah untuk mendapatkan pelatihan menulis melalui program Guru...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

MI TV

Selengkapnya

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya