Rabu 25 Januari 2023, 19:48 WIB

Rektor Untar : Keberadaan Humas Garda Terdepan Kampus

Syarief Oebaidillah | Humaniora
Rektor Untar : Keberadaan Humas Garda Terdepan Kampus

Dok. Untar
Festival Kehumasan II di Untar

 

REKTOR Universitas Tarumanagara (Untar) Agustinus Purna Irawan menilai keberadaan Humas merupakan garda terdepan dalam mempublikasikan program dan kiprah kampus atau lembaga kepada public. Sebab itu, Untar terus menggenjot kinerja kehumasan di kampusnya.

Agustinus mengakui dengan aktifnya kinerja kehumasan kampus Untar sehingga kiprah Untar semakin diketahui masyarakat luas dan stakeholder terkait. Lebih dari itu, Humas Untar juga meraih penghargaan humas terbaik di linkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) III DKI Jakarta.

“Diantara cara mempublikasikan keunggulan Untar tentu melalui humas.Keberadaan humas idealnya mesti menguasai berbagai hal bahkan mesti melebihi Rektor, seperti menguasainya peraturan kebjakan Direktorat Pendidikan Tinggi di Kemendikbudristek juga BAN PT, dan lainlain. Sehingga saat berkomunikasi dengan kalangan wartawan dapat menguasai berbagai hal terkait kebijakan pendidikan tinggi dan lain lain,” papar Agustinus pada talk show Festival Kehumasan II di kampus Untar bersama Kepala LL Dikti III Dr Paristiyant Nurwardani, Selasa (24/1). 

Kegiatan itu juga dihadiri Koordinator Substansi Umum, Humas, dan Kerja Sama Ditjen Diktiristek Kemendikbudristek Yayat Hendayana, Sub Koordinator Humas Ditjen Diktiristek Doddy Zulkifli Indra Atmaja, Ketua Pengurus Yayasan Tarumanagara Ariawan Gunardi, dan perwakilan humas dari Pergurutan Tinggi Swasta di Jakarta.

Menurut Guru Besar Fakultas Teknik Untar itu, kiprah kampus Untar banyak sekali yang layak di ekspose ke public namun karena keterbatasan tenaga kehumasan sementara publikasi yang disiarkan mesti lebih banyak disebarkan.

Dalam kesempatan itu, Agustinus mengutarakan sejumlah prestasi yang diraih Untar dalam berbagai bidang akademik dan non akademik yang meraih peringkat internasional dari lembaga peringkat internasional dengan bintang empat hingga bintang lima.

Ketua Pengurus Yayasan Tarumanagara Ariawan Gunardi menambahkan, Festival Kehumasan kedua yang digelar Untar bersama LLDIkti III sebagai kehormatan. Dia optimistis hal ini berdampak positif bagi Untar dan kalangan kampus PTS lain yang hadir dalam lingkungan LL Dikti III Jakarta.

Baca juga : Cucun Syamsurijal Lulus Cumlaude Sidang Doktor di Unpad

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III Paristiyanti Nurwardani, mengatakan sosialisasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di kalangan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di DKI Jakarta harus terus dioptimalkan. 

Paris memaklumi dari 300 lebih PTS di LL Dikti III Jakarta belum semuanya mendapatkan status akreditasi institui sehingga ada kesulitan melakukan sosialisasi program MBKM.

Menurutnya, data yang dihimpun LLDikti III terdapat 125 PTS yang belum terakreditasi institusi. Hemat dia, akreditasi institusi penting guna memperkuat kinerja humas Perguruan Tinggi dalam mensosialisasikan program MBKM..

Paristiyanti yang juga mantan Sesditjen Dikti Kemendikbudristek ini berharap pimpinan PTS dan Yayasan berupaya segera memenuhi syarat mendapatkan status Akreditasi Institusi. editasi ini, diatur pada Undang-undang UU No 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Pihaknya akan melakukan komunikasi tentang sosialisasi MBKM kepada PTS yang berstatus akreditasi baik sekali, baik hingga yang belum terakreditasi.

Menyinggung keberadaan Humas di PTS menurutnya penting dan strategis me sosialisasikan program yang berkaitan dengan Pendidikan Tinggi, termasuk MBKM.

Festival Kehumasan 2023 yang digelar Untar bersama LLDikti Wilayah III mengambil tema ““Peningkatan Mutu Kehumasan Melalui Publikasi MBKM” yang diikuti puluhan PTS lainnya di lingkunan LL Dikti III Jakarta. (OL-7)

Baca Juga

ANTARA/Suci Nurhaliza

Culinary Wedding Festival 2023 Digelar dengan Usung Tema Nusantara

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 20:34 WIB
Culinary Wedding Festival 2023 juga didukung Dewan Kerajinan Nasional Daerah Propinsi DKI Jakarta (Dekranasda) DKI Jakarta dengan...
Dok, Ditjen GTK Kemendikbudristek

Koordinasi Lintas Kementerian/Lembaga Optimalkan Pemenuhan PPPK Guru

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 20:30 WIB
“Kami melihat masih ada formasi yang tidak terlamar, sehingga kami ingin memperjuangkan formasi kosong ini, agar dapat diisi oleh...
Dok. Universitas Trilogi

Organisasi Profesi Bidang Akuntansi Apresiasi Kegiatan IN&NCAFA Universitas Trilogi

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 20:23 WIB
...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya