Rabu 18 Januari 2023, 06:40 WIB

BPOM Dukung Penuh Pengembangan Farmasi Indonesia

M Sholahadhin Azhar | Humaniora
BPOM Dukung Penuh Pengembangan Farmasi Indonesia

dok.Ant
Kepala BPOM Penny K.Lukito (kiri)saat meninjau ruang produksi pabrik obat biosimilar PT Kalbio Global Medika, di kawasan Delta Silikon, Cik

 

KEPALA Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K Lukito menyatakan kerja sama dalam pengembangan industri farmasi di Indonesia sangat penting. Kerja sama itu diharap bisa menguatkan solidaritas pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat.

"BPOM harus bersinergi dengan kementerian/lembaga terkait, pemerintah daerah, pelaku usaha, akademisi, masyarakat, dan media untuk memberikan perlindungan kesehatan masyarakat dan peningkatan daya saing bangsa melalui obat dan makanan aman," ucap Penny melalui keterangan yang dikutip pada Rabu (18/1/2023).

Hal tersebut dikatakan Penny merespons pameran sistem pengawasan life cycle produk obat dan makanan. Penelitian dan pengembangan farmasi di Indonesia dinilai wajib. Kemajuan industri medis di Tanah Air tidak boleh kalah dengan negara lain.

"Terdapat inisiatif yang kami jalankan sebagai upaya bersama memajukan industri farmasi, mendorong industri farmasi lebih dalam lagi, melakukan research dan pengembangan, termasuk local content," kata Direktur PT Kalbe Farma Tbk Sie Djohan.

Sie mengatakan pihaknya telah berpartisipasi dalam pameran sistem pengawasan life cycle produk obat dan makanan. Sie juga menyebut sejumlah inovasi dalam bidang kesehatan ditampilkan pihaknya dalam pameran itu.

Beberapa inovasi yang ditampilkan yakni hemapo atau epoetin alfa, leucogen atau filgrastim, rituxikal atau rituximab, ezelin atau insulin glargine, efesa atau efepoetin alfa, bioreaktor dan akta flux.

Sejumlah siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA) di Jakarta juga ikut dalam acara itu. Dengan partisipasi tersebut, industri farmasi di Indonesia diharap cepat maju.

"Kami turut berpartisipasi dalam acara ini sebagai bentuk apresiasi kami atas kerja sama baik yang selama ini terjalin dengan BPOM," ucap Sie. (medcom.id/OL-13)

Baca Juga: Kolaborasi BPOM, GAPMMI dan Mayora Hadirkan Edukasi ...

Baca Juga

Ist

Passion Jewelry Hasil Kolaborasi dengan Nia Ramadhani Bakrie

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Februari 2023, 22:03 WIB
PT. Passion Abadi Korpora kembali mengeluarkan sebuah produk jewelry kolaborasi dengan Nia Ramadhani...
ANTARA/Hendra Nurdiyansyah

Digitaliasi Buka Peluang Bisnis Baru dalam Industri Pariwisata

👤Naufal Zuhdi 🕔Selasa 07 Februari 2023, 21:59 WIB
Terdapat lima fase pariwista yakni cari informasi, melakukan booking, berangkat, tiba di lokasi, dan...
ANTARA FOTO/Olha Mulalinda

BRIN Koordinasikan 3 Prioritas untuk Penguatan BRIDA

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Selasa 07 Februari 2023, 21:57 WIB
KEPALA Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko mengatakan ada 3 prioritas dalam penguatan Badan Riset dan Inovasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya