Sabtu 14 Januari 2023, 14:20 WIB

Tanggapi Aksi Mengemis di Medsos, Mensos Koordinasi dengan Polisi

Dinda Shabrina | Humaniora
Tanggapi Aksi Mengemis di Medsos, Mensos Koordinasi dengan Polisi

Tik Tok TM Mud Bath
Seorang lansia dipaksa mandi lumpur untuk mengumpulkan koin.

 

AKSI mengemis pindah dari jalanan ke media sosial. Salah satunya ditunjukkan lewat sebuah video seorang ibu lansia yang disuruh mandi lumpur dan ditayangkan langsung di Tik-Tok untuk memperoleh sejumlah koin dari para viewers. Aksi mengemis di medsos yang menjadi tren itu disesalkan masyarakat karena mengeksploitasi lansia.

Menteri Sosial Tri Rismaharini menyebut, aksi yang mengeksploitas lansia untuk meraup keuntungan dengan cara yang tidak dibenarkan berunsur pidana. Risma menyebut ada Undang-Undang yang telah mengatur soal eksploitasi manusia, yakni Undang-Undang No.21 tahun 2017 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Orang.

Dalam pasal 2 ayat (1) disebutkan setiap orang yang melakukan perekrutan, pengangkutan, penampungan, pengiriman, pemindahan atau penerimaan seseorang dengan dengan ancaman kekerasan, penggunaan kekerasan, penculikan, penyekapan, pemalsuan, penipuan, penyalahgunaan kekuasaan atau posisi rentan, penjeratan utang atau memberi bayaran atau manfaat walaupun memperoleh persetujuan dari orang yang memegang kendali atas orang lain, untuk tujuan mengeksploitasi orang tersebut di wilayah Negara Republik Indonesia, dipidana dengan pidana penjara paling singkat 3 tahun dan paling lama 15 tahun.

“Itu bisa ditangkap polisi itu. Itu kan sama saja memperalat orang, ya kan, mempekerjakan orang. Itu bisa ditangkap polisi. Kayaknya ada undang-undanganya itu. Mempekerjakan orang untuk eksploitasi kan,” kata Risma dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Sosial, Jumat (13/1).

Risma juga menuturkan pihaknya akan segera menyurati kepolisian untuk segera ditindaklanjuti tren ‘ngemis’ di Tik-Tok tersebut. “Iya ya sudah. Nanti tak surati saja lah,” pungkasnya. (H-2)

Baca Juga

SETWAPRES

Wapres: Kinerja Penanggulangan Kemiskinan Harus Segera Dibenahi

👤Emir Chairullah 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 15:14 WIB
Ma’ruf mengakui pemerintah memiliki target yang berat terutama menurunkan angka kemiskinan ekstrem 0% pada 2024, sehingga penggunaan...
Dok Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa Lakukan Inovasi Cegah Stunting

👤Media Indonesia 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 14:50 WIB
Kementerian Kesehatan RI menjelaskan bahwa sekitar 23% bayi baru lahir mengalami...
Dok pribadi

Ayep Zaki Aktif Tumbuhkan Ekosistem Wakaf di Tanah Air

👤Media Indonesia 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 14:40 WIB
UU Nomor 41 Tahun 2004 dan Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 2006, sangat baik untuk kepentingan pembangunan ekosistem baik ekonomi,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya