Senin 09 Januari 2023, 20:05 WIB

Bau yang tidak Disukai Tikus dan Curut

Meilani Teniwut | Humaniora
Bau yang tidak Disukai Tikus dan Curut

Antara/Idhad Zakaria.
Burung hantu mampu mengurangi serangan tikus.

 


PASTI Anda tidak senang bukan, ketika melihat tikus atau curut yang masuk rumah? Jelasnya tidak. Ini karena tikus ataupun curut bukan tamu yang diharapkan hadir di rumah karena sering menjadi sumber penyakit. 

Dengan demikian biasanya kebanyakan orang memilih menggunakan racun tikus atau perangkap tikus untuk mencegah tikus masuk rumah. Namun, ada cara lain yaitu dengan menghadirkan aroma yang tidak disukai tikus di rumah. Berikut beberapa jenis bau yang tidak disukai tikus sehingga ia tidak akan lagi kembali ke rumah.

Kapur barus

Kapur barus dapat mengusir tikus karena kapur barus mengandung bahan aktif yang disebut naftalena. Naftalena dalam kapur barus telah banyak digunakan selama bertahun-tahun sebagai pencegah hama serangga perusak pakaian seperti ngengat atau gegat.

Kandungan naftalena sangat dibenci oleh tikus. Namun, kalian juga perlu berhati-hati jika ingin menggunakan kapur barus atau bahan kimia lain saat mengusir tikus. 

Pasalnya, jika digunakan dalam jumlah besar, kapur barus bisa menjadi racun yang berbahaya bagi manusia. Salah satu kasus yang bersumber dari jurnal National Pesticide Information Center (NPIC) mengungkapkan kapur barus menghasilkan gas beracun yang dapat menyebabkan mual, muntah, sakit kepala, dan gangguan pernapasan.

Minyak peppermint

Minyak peppermint biasanya memiliki bau khas yang harum sehingga hampir disukai semua orang. Namun tikus justru tidak menyukai aroma peppermint, lantaran peppermint memiliki aroma wangi yang kuat dan menyengat itu dapat menganggu indra penciuman sensitif tikus. 

Jadi, cara mudah untuk membasmi tikus adalah tinggal tuangan minyak aroma peppermint di bola kapas, lalu letakkan di area yang biasa disinggahi tikus. Selain minyak, aroma peppermint juga bisa didapat secara alami dengan menggunakan daun mint atau tanaman mint di jalur yang dilewati tikus.

Kayu putih

Bahan alami yang ketiga ini bisa mengeluarkan bau yang tidak disukai tikus. Kamu bisa menggunakan larutan minyak kayu putih untuk mengusir tikus dari rumah.

Lalu kemudian semprotkan larutan 5% hingga 20% minyak kayu putih untuk bisa mengusir tikus rumah. Tikus akan menghindari makanan yang beraroma kayu putih, sehingga mereka akan mencari makan di tempat lain di luar rumah.

Serai 

Selain digunakan untuk masak-memasak, serai juga dapat digunakan untuk pengusir tikus. Serai ternyata punya kandungan minyak yang biasanya membuat serai tersebut harum.

Untungnya juga minyak serai bisa mengusir tikus dari rumah. Mengutip dari Boldsky, cara mengusir tikus dengan serai sangat mudah dilakukan.

Kamu cukup menyiapkan serai dan kapas. Teteskan minyak serai ke kapas secukupnya. Kemudian, letakan minyak serai di jalan yang biasa dilalui tikus.

Kulit telur

Kulit telur merupakan bahan alami yang bisa digunakan untuk mengusir tikus. Caranya dengan menumbuk kulit telur hingga menjadi bubuk yang halus, kemudian bubuk tersebut disebarkan di sekitar area sarang tikus. Cara mengusir tikus ini diketahui ampun untuk membuat tikus pergi dari tempatnya bersarang.

Kulit durian

Bau khas yang menyengat dari kulit durian rupanya bisa untuk digunakan sebagai bahan alami untuk mengusir tikus di rumah. Caranya mudah, yaitu memotong kulit durian menjadi potongan yang lebih kecil, lalu menempatkannya ke tempat yang sering dilewati tikus. Selain aromanya yang menusuk, kulitnya yang berduri tajam juga mampu membuat tikus takut untuk mendekat.

Bubuk cabai

Bahan yang mudah didapatkan di rumah dan dapat menjadi cara mengusir tikus dengan bahan alami yang selanjutnya yaitu menggunakan bubuk cabai. Campurkan bubuk cabai dengan air dan detergen.

Masukkan bubuk atau saus cabai dan detergen ke botol semprotan dan larutkan kedua bahan tersebut dengan air. Jika sudah larut dan tercampur dengan baik, cairan tersebut bisa segera disemprotkan di area tempat tikus bersarang dan sekelilingnya.

Baking soda

Baking soda juga bisa digunakan sebagai bahan alami untuk mengusir tikus. Cara mengusir tikus ini mudah dilakukan dengan mencampurkan baking soda ke makanan yang kerap menjadi incaran tikus dan menjadikannya sebagai umpan.

Jika umpan tersebut berhasil dimakan tikus, perutnya akan mengembang akibat tidak bisa mengeluarkan soda dari makanan yang dimakan. Tikus tidak akan seketika mati di tempat. Namun biasanya, tikus akan lari ke ruang terbuka sebelum akhirnya mati karena tidak dapat menahan gas di dalam perutnya.

Daun mint

Daun mint memiliki aroma mint yang kuat dan bisa membuat tikus mabuk dan terkulai lemas jika menciumnya. Bahan ini bisa digunakan sebagai bahan alami mengusir tikus.

Caranya, larutkan seikat daun mint dalam air, lalu mengambil sari patinya untuk dimasukkan ke dalam botol, dan disemprotkan di area sekitar sarang tikus. Cara ini diketahui aman dan ampuh mengusir tikus dari rumah.

Kantong teh

Cara mengusir tikus dengan bahan alami yang selanjutnya dengan menggunakan kantong teh. Seperti peppermint, kantung teh mempunyai aroma mint yang tidak disukai tikus.

Aroma ini dapat mengiritasi hidung tikus, yang kemudian indra penciuman tikus pun menjadi terganggu. Karena indra penciumannya tidak bisa berfungsi dengan baik, tikus pun akan pergi dari rumah tempatnya bersarang.

Cara ini dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa kantong teh bekas dan meletakkannya di tempat-tempat yang sering ditempati tikus. Anda bisa segera mempraktikkan cara mudah ini di rumah.

Buah mengkudu

Rasa pahit yang dihasilkan oleh buah satu ini dapat menjadi senjata ampuh dan aman untuk mengusir tikus di rumah. Caranya dengan menumbuk hingga halus dan larutkan dalam air.

Kemudian, semprotkan larutan tersebut ke daerah-daerah yang sering dilalui tikus. Dengan mencium bau pahitnya, tikus akan sendirinya pergi menjauhi tempat-tempat tersebut.

Daun salam

Cara mengusir tikus dengan bahan alami selanjutnya ialah dengan daun salam. Meskipun daunnya wangi dan bermanfaat sebagai penyedap makanan, tetapi daun ini justru tidak disukai tikus.

Caranya mudah. Iris daun salam tipis-tipis lalu tempatkan di area yang sering dilalui tikus. Dengan demikian, tikus akan merasa tidak nyaman dan pergi.

Cengkih

Jenis biji-bijian satu ini memang dikenal memiliki aroma yang menenangkan bagi kita. Namun tidak sebaliknya untuk tikus. Aroma wangi yang dihasilkan cengkeh menjadi salah satu hal yang sangat dibenci oleh tikus.

Cara yang dapat dilakukan cukup mudah yaitu masukkan beberapa cengkih ke dalam kain kasa lalu tunggu hingga beberapa hari sampai benar-benar kering. Lalu letakkan cengkih di sudut-sudut ruangan yang sering dilalui tikus.

Nah, selain dari bahan-bahan alami diatas, kalian juga dianjurkan untuk melakukan beberapa langkah berikut.

Tutup lubang masuk di dinding rumah

Tikus curut datang dari luar rumah. Periksa kembali ada lubang atau retakan di dinding yang bisa menjadi akses masuk tikus curut. Jika ada, segera tutup. Ingat bahwa curut berukuran kecil bisa memaksa menerobos lubang kecil sekalipun. Jika lubang terlalu kecil dan Anda tidak punya material bangunan, gunakan gumpalan kertas aluminium dapur atau sabut cuci piring berbahan tembaga. Kedua bahan tersebut tidak berkarat sehingga tahan lama.

Tutup bak sampah rapat-rapat

Kosongkan tempat sampah dalam rumah setiap hari dan pastikan bak sampah di luar juga ditutup rapat.

Jaga kebersihan rumah setiap hari

Berbagai cara mengusir tikus curut akan percuma jika kebersihan rumah tidak terjaga. Pastikan lantai dibersihkan setiap hari dan bebas dari remah-remah makanan. 

Gunakan cairan pembersih yang mengandung disinfektan untuk mengepel lantai dan membersihkan bak sampah setiap kali dikosongkan. Semprotkan cairan pembersih di permukaan meja makan dan dapur setiap hari sebelum tidur. Pastikan rumah dalam keadaan bersih sebelum tidur karena tikus curut berkeliaran di malam hari.

Manfaatkan aroma yang dibenci tikus curut

Ini seperti aroma mint dan cengkih. Teteskan minyak esensial beraroma mint atau cengkih langsung di area yang sering dilalui atau menjadi persembunyian tikus curut. Anda bisa juga mengoleskannya ke tutup bak sampah atau mencampurkannya ke cairan pembersih lantai dan pembersih permukaan lain.

Hindari menciptakan persembunyian tikus curut

Sudut-sudut tersembunyi dan celah di antara furnitur dan dinding merupakan tempat favorit tikus curut. Sisakan jarak minimal 10 cm antara furnitur dan dinding serta pastikan semua lemari tertutup rapat dan tidak berlubang. 

Pelihara binatang predator alami tikus curut

Pelihara binatang predator seperti anjing atau kuncing. Karena hal ini dinilai paling natural sekaligus efektif karena itulah yang terjadi di dunia binatang. Terkadang bau binatang predator tikus ini saja sudah cukup untuk membuat tikus curut menjauhi rumah Anda. (OL-14)

Baca Juga

Freepik.com

Self Love Bermanfaat Tingkatkan Produktivitas

👤Putra Ananda 🕔Jumat 03 Februari 2023, 23:16 WIB
"Saat kita punya self love saya percaya justru prestasi kita akan naik untuk mencapai goal atau tujuan hidup dengan seimbang,"...
Dok. Kalbe Farma

Kalbe, Budi Luhur, dan ITL Trisakti Gelar Edukasi Pengolahan Sampah

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 23:05 WIB
"Greget Plastik Season 2 mencerminkan kolaborasi yang baik antara dunia pendidikan dan industri. Kolaborasi ini sangat bermanfaat,...
DOK MI

99% Masyarakat Indonesia Sudah Mempunyai Antibodi Covid

👤Dinda Shabrina 🕔Jumat 03 Februari 2023, 22:01 WIB
HASIL survei serologi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada Januari 2023, antibodi masyarakat Indonesia terhadap virus sars-Cov2 sudah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya