Sabtu 10 Desember 2022, 21:21 WIB

Kontribusi Lahirkan SDM Unggul, Binus Wisudakan 5.788 Mahasiswa

Faustinus Nua | Humaniora
Kontribusi Lahirkan SDM Unggul, Binus Wisudakan 5.788 Mahasiswa

Dok. Binus
Wisuda Binus

 

BINUS University menggelar wisuda ke-66 dengan meluluskan sebanyak 5.788 mahasiswanya. Gelaran wisuda dengan jumlah lulusan terbanyak itu merupakan kontribusi Binus untuk melahirkan SDM unggul Indonesia.

Rektor Binus Harjanto Prabowo menyampaikan, pihaknya terus berkomitmen untuk melahirkan SDM yang memiliki skill mumpuni dalam menghadapi transformasi digital, sekaligus menjunjung tinggi nilai integritas.

“Diramalkannya Indonesia sebagai negara 5 besar ekonomi dunia di tahun 2045 mendorong diperlukannya SDM yang cerdas, kreatif, dan siap beradaptasi dengan perubahan yang sedang terjadi. Hal ini mendorong Binus University untuk mewujudkan bentuk nyata membina dan memberdayakan masyarakat untuk kepentingan bangsa dan negara” ungkap Harjanto dalam keterangannya, Sabtu (10/12).

Diejalaskannya, untuk wisuda 2022, dari sebanyak 5.887 wisudawan, 5.360 lulusan berasal dari jenjang Sarjana, 382 lulusan dari jenjang Magister, 16 lulusan jenjang Doktor, 16 Sarjana Profesi, dan 113 Jenjang D4. Sebanyak 88% wisudawan dan wisudawati lulus tepat waktu dengan 87% lulusan mendapat IPK >3.00.

Selain itu, terdapat 185 lulusan menyandang predikat Summa Cumlaude dengan IPK sama dengan atau lebih dari 3.91 hingga 4.00. Sebanyak 65% lulusan Sarjana telah bekerja dengan 33% di antaranya telah bekerja di Global Company atau Top Nasional, 14% menjadi wirausahawan, dan sebanyak 2% melakukan studi lanjut.

Harjanto menenkankan pentingnya menjunjung integritas bagi lulusan Binus. Sejak tahun 2016, Binus mengeluarkan SK Rektor No. 1426/SK/PTTKK-UBN/VII/2016 yang memberlakukan sanksi Mencontek = DO dan menarik ijazah alumni yang terbukti terlibat korupsi atau membuat orang lain melakukan korupsi. 

"Binus University ingin berkontribusi membantu masyarakat dan pemerintah dalam memberantas korupsi yang diawali dari hal yang sederhana, yaitu kejujuran," imbuhnya.

Baca juga : Asosiasi Dosen Indonesia Siap Bumikan Karya-karya Akademik Kampus 

Di tengah berbagai pencapaian yang luar biasa pada wisuda ini, gelaran wisuda 66 juga menjadi momen yang sangat spesial bagi para Binusian, salah satunya bagi Richie yang memperoleh predikat Summa Cumlaude. Dia berhasil meraih IPK tertinggi, yaitu 3,99 dan juga dianugerahi predikat Best Graduates.

“Senang dan tidak menyangka bisa dapat predikat Summa Cumlaude dan Best Graduates. Terima kasih kepada semua Dosen, teman dan juga orangtua yang selalu mendukung sehingga bisa mendapat pencapaian ini. Harapannya semoga ilmu dan skill ini dapat saya gunakan dengan baik,” ungkapnya.

Wisuda kali ini juga menjadi momen spesial bagi Margareta Kinanthi Setyarini. Pasalnya, Binusian yang akrab disapa Kinan ini tidak menyangka dirinya dapat meraih beasiswa penuh dan lulus tepat waktu dari Jurusan Hubungan Internasional Binus University.

“Sedari SMP, saya memang sudah memiliki mimpi untuk masuk dalam jurusan Hubungan Internasional di BINUS UNIVERSITY karena ketertarikan saya terhadap isu kemiskinan, pendidikan, dan lingkungan di Indonesia. Namun, adanya kendala biaya membuat saya harus berjuang lebih keras untuk dapat mencapai mimpi saya tersebut,” ucap Kinan.

Meskipun terkendala dengan biaya, Kinan tetap tidak menyerah untuk menggapai cita-citanya. Dirinya terus berusaha dan berdoa hingga akhirnya berhasil meraih Beasiswa Ayo Sekolah Ayo Kuliah (ASAK) untuk berkuliah di Binus dan lulus tepat waktu dengan IPK 3,77. Kinan memiliki banyak harapan yang ingin dirinya capai setelah dirinya resmi diwisuda.

“Saya berharap kedepannya saya dapat memanfaatkan ilmu dan keterampilan yang telah saya peroleh untuk men-solved isu-isu yang ada. Tidak hanya itu, saya juga ingin semakin membanggakan orang tua saya yang tanpa kenal lelah terus mendukung saya,” kata dia.

Adapun, wisuda kali ini diselenggarakan secara onsite di Malang pada 27 November 2022 lalu dan di Jakarta Convention Center (JCC) selama 3 hari pada 9-11 Desember 2022 dan dibagi dalam 6 shift. (OL-7)

Baca Juga

Dok. ICMI

ICMI Pusat Menginisiasi Pembentukan ICMI Eropa Raya

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Maret 2023, 22:27 WIB
Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) mengembangkan kualitas organisasi dengan menginisiasi pembentukan ICMI Eropa...
MI/Widjajadi

Kemenpan-Rebiro Manut Cuti Bersama Lebaran Dimajukan

👤Tri Subarkah 🕔Sabtu 25 Maret 2023, 22:06 WIB
Kemenpan-Rebiro akan mengikuti perubahan cuti bersama Idul Fitri 1444 Hijriah yang diusulkan Menteri Perhubungan Budi Karya...
HO

Larangan Buka Puasa Bersama Bentuk Intervensi Pemerintah

👤Widhoroso 🕔Sabtu 25 Maret 2023, 21:45 WIB
Larangan buka puasa bersama oleh pemerintah telah menimbulkan kegaduhan dan rasa tidak percaya di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya