Sabtu 26 November 2022, 08:09 WIB

Hobi yang Bermanfaat untuk Mengembangkan Karir

Mesakh Ananta Dachi | Humaniora
Hobi yang Bermanfaat untuk Mengembangkan Karir

ANTARA FOTO
Sejumlah pemain gim mengikuti kompetisi

 

DI tengah ancaman resesi dan ekonomi yang semakin mengkhawatirkan, segala pekerjaan dilakukan untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Selain pekerjaan utama, kini para “pencari cuan” juga berusaha untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari hobi yang ditekuni. Berikut adalah contoh dari hobi yang dapat memberikan penghasilan tambahan, bahkan dapat membantu mengembangkan karir.

Pengertian Hobi

Melansir dari KBBI, hobi adalah kesenangan istimewa pada waktu senggang, bukan pekerjaan utama. Maka, yang menjadi poin utama dari hobi adalah suatu aktivitas yang dapat memicu kesenangan, dilakukan secara rutin dan merupakan aktivitas di luar pekerjaan yang utama. 

Dengan memiliki dan menekuni hobi yang kamu miliki, kamu telah mengasah karakter dan mengenal diri lebih dalam lagi. Selain itu, hobi juga membantu diri untuk lebih fokus, menjaga dan mengembangkan kesehatan, fisik dan juga mental. Tak lupa, dengan memiliki hobi, kita telah menghindarkan diri dari aktivitas nonproduktif dan berpotensi menambah relasi dengan sesama penekun hobi yang sama.

Jenis-jenis Hobi Produktif

Pada saat ini, dengan menekuni hobi, kita dapat menghasilkan penghasilan tambahan. Bahkan apabila ditekuni lebih lanjut, dapat menjadikannya sebagai pekerjaan utama. Maka, berikut adalah jenis-jenis hobi yang apabila ditekuni dapat menghasilkan penghasilan tambahan dan bahkan dapat membantu karir.

1. Bermain Gim

Kini, salah satu hobi yang paling populer dan digandrungi oleh banyak orang terutama anak muda adalah bermain gim. Kendati sering diasosiasikan sebagai kegiatan yang nonproduktif dan buang waktu, faktanya gim kini menjadi salah satu platform yang bisa menghasilkan pendapatan. Melalui layanan live stream, kegiatan e-sport dan juga promosi brand, pemain gim profesional yang menekuni permainannya bisa mendapatkan penghasilan tambahan, bahkan menjadikannya pekerjaan utama. Melansir dari laman cyberathletiks, pemain gim profesional dapat menghasilkan uang dari 13 juta hingga 78 juta dalam sebulan.

2. Menulis

Salah satu hobi lainnya yang dapat dijadikan sebagai kegiatan produktif adalah menulis. Dengan menekuni bidang ini, anda dapat menjadi penulis lepas, copywritter, penulis novel atau cerita, kontributor, blogger, dan kegiatan-kegiatan lainnya yang berhubungan dengan menulis.

3. Menggambar

Saat ini, anda juga dapat mengomersialkan gambar atau lukisan di internet. Dengan menawarkan produk berupa hasil gambar, anda juga dapat menjadikan hobi menggambar sebagai sumber penghasilan. Namun, pastinya pengguna jasa akan memilih pelukis yang handal dengan hasil gambar yang baik. Maka, penting untuk menekuni bidang ini untuk dapat menghasilkan hasil gambar yang menarik dan indah.

4. Bermain Musik

Apabila menjadikan musik sebagai hobi dan menekuninya, anda juga telah menciptakan hobi yang produktif. Dengan bermain musik atau menjadi vokalis, terdapat banyak kesempatan bagi anda untuk direkrut untuk mengisi acara. Pastinya, ini akan menjadi ajang untuk mendapatkan penghasilan tambahan, bahkan apabila berada di level yang lebih tinggi, anda dapat direkrut pada sebuah agensi yang lebih besar dan profesional.(OL-5)

Baca Juga

MI/Ricky Julian

Peta Kopi belum Lirik Liberika Kalbar

👤Ihfa Firdausya/Atalya Puspa 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 09:15 WIB
Data Badan Pusat Statistik 2021 mencatat kebun kopi terluas di Pulau Kalimantan berada di Kalimantan Barat, yakni mencapai 12 ribu...
Dok. DPR RI

Muhaimin Iskandar Bahas Potensi Samarkand di Uzbekistan jadi Lokasi Transit Jemaah Umrah

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 09:00 WIB
"Mereka menawarkan jamaah umrah kita transitnya di Samarkand, dengan asumsi perjalanan 8 jam setengah ke Samarkand plus Saudi tiga...
dok.mi

BRIN Kembangkan Teknologi Pengolahan Emas Tanpa Merkuri di Pertambangan Rakyat

👤Faustinus Nua 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 08:56 WIB
BRIN telah membangun pilot project pengolahan emas bebas merkuri di Desa Kalirejo, Kulonprogo,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya