Selasa 22 November 2022, 21:00 WIB

Menang Yaqut Ajak Bakomubin Bawa Semangat Islam Yang Damai

mediaindonesia.com | Humaniora
Menang Yaqut Ajak Bakomubin Bawa Semangat Islam Yang Damai

dok.ist
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas berfoto bersama seusai melantik pengurus Badan Koordinasi Mubaligh Se Indonesia 2022-2027, Selasa (22/11/2

 

MENTERI Agama Yaqut Cholil Qoumas yakin Badan Koordinasi Mubaligh Se Indonesia (Bakomubin) akan menjadi elemen dakwah yang damai dan merangkul.

"Ini menjadi semangat baru untuk syiar Islam di Indonesia yang lebih ramah, tidak marah. Islam yang merangkul, bukan memukul," ujar Yaqut kepada pers usai mengukuhkan pengurus Bakomubin di Hotel Sahid Jakarta, Selasa (22/11).

Yaqut mengapresiasi Bakomubin yang telah bersinergi dengan Kementerian Agama dalam membangun moderasi Islam di Indonesia. Harapannya, Bakomubin terus menjadi komponen penting dari dakwah Islam di Indonesia.

"Marilah kita jadikan pengukuhan kali ini sebagai momentum menyelaraskan gerak langkah untuk kemaslahatan umat dan kehidupan yang harmoni," tutup Gusmen.

Kepengurusan Bakomubin Periode 2022-2027, diketuai Ali Mochtar Ngabalin dan Dewan Pembina Jenderal TNI Dudung Abdurrahman. Hasil dari Musyawarah Nasional Bakomubin pada bulan Februari 2022.

Ketua Umum Bakomubin dalam pidato usia pengukuhan mengatakan Bakomubin akan menjadi barometer mubaligh di Indonesia.

Ali Mochtar mengakui masih ada orang yang memiliki status sebagai mubaligh tetapi menggunakan status tersebut untuk marah-marah dan memaki-maki.

Ali menyatakan Bakomubin akan berdiri di semua kelompok. Bukan bagian dari kelompok manapun, tidak di timur tidak juga di barat. "Tapi Bakomubin akan berpihak pada kebenaran dan akan bicara pada kebenaran," ujar Ali Mochtar.

Bakomubin menurut Ali juga akan melakukan kerja kerja konkrit termasuk membangun kesadaran ekonomi dan bersama sama menghidupkan ekonomi UMKM. (OL-13)

Baca Juga

ANTARA/ ILUSTRASI/Aribowo Sucipto

Gunung Semeru Muntahkan Awan Panas Guguran

👤Atalya Puspa 🕔Minggu 04 Desember 2022, 11:50 WIB
Berdasarkan pantauan CCTV Semeru, fenomena APG terus berlangsung hingga pagi ini pukul 07.42 WIB dengan jarak luncur bervariasi antara 5...
ANTARA / JAFKHAIRI

Dianggap Melanggar UU, KLHK Larang Peneliti Asal Inggris Lakukan Penelitian di RI

👤 Atalya Puspa 🕔Minggu 04 Desember 2022, 11:10 WIB
KLHK sangat mendukung kegiatan penelitian berbasis sains, namun akan bersikap tegas terhadap para peneliti asing yang tidak taat...
MI/ERIEZ M RIAL

Unisba Berada di Peringkat Atas Universitas Terbaik di Kota Bandung

👤Bayu Anggoro 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 22:50 WIB
EduRank menempatkan Unisba sebagai universitas peringkat 4 terbaik di Kota...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya