Kamis 27 Oktober 2022, 10:30 WIB

Ini 10 Hewan Langka di Indonesia yang Dilindungi dan Terancam Punah

Mesakh Ananta Dachi | Humaniora
Ini 10 Hewan Langka di Indonesia yang Dilindungi dan Terancam Punah

MI/Sumaryanto
Salah satu hewan langka Indonesia, Komodo

 

HEWAN langka adalah hewan yang berada dalam kondisi terancam akan hilang atau sepenuhnya punah karena jumlahnya yang sedikit dan tingkat reproduksi yang kecil. 

Hewan langka adalah hewan yang dilindungi. Maka, berikut adalah 10 hewan langka yang ada di Indonesia dan terancam punah.

Komodo

Komodo atau Varatus Komodoensis adalah salah satu jenis hewan langka yang ada dan dilindungi di Indonesia. 

Sebagai salah satu jenis reptil terbesar, habitat komodo hanya terfokus pada area Pulau Komodo, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan berbagai daerah sekitar lainnya. 

Baca juga: Pengertian Hewan Herbivora, Ciri-ciri, dan Contohnya

Oleh karena itu, jumlah komodo yang berada di Pulau Rinca dan Pulau Komodo yang hanya berkisar 2.700 ekor, dikategorikan sebagai hewan terancam punah dan dilindungi.

Macan Tutul Jawa

Macan Tutul Jawa juga menjadi salah satu hewan yang dilindungi. Dengan habitat utama yang berada di Pulau Jawa, jumlahnya saat ini hanya berkisar 350-700 ekor. Maka, Macan Tutul Jawa kemudian dijadikan sebagai hewan terancam punah dan dilindungi.

Burung Cendrawasih

Menjadi salah satu ikon fauna di Indonesia, Burung Cendrawasih juga menjadi salah satu hewan langka dan terancam punah di Indonesia. 

Perburuan liar menjadi salah satu alasan terancam punahnya Burung Cendrawasih. 

Dengan habitat yang berfokus pada Pulau Papua, kini jumlahnya sekitar 540 ekor di Indonesia.

Kucing Merah Kalimantan

Kucing Merah Kalimantan adalah salah satu hewan yang dilindungi dan terancam punah. Hewan yang berasal dari daratan Pulau Kalimantan itu, terancam punah karena habitatnya yang semakin kecil oleh penebangan pohon di hutan Kalimantan. Tercatat, Kucing Merah Kalimantan tersisa hanya sekitar 2.500 ekor hingga saat ini.

Harimau Sumatra

Harimau Sumatra menjadi salah satu ikon atau simbol fauna kebanggaan Indonesia. Namun, Harimau Sumatera kini terancam punah. 

Dengan habitat utama berasal dari Pulau Sumatra, jumlah dari Harimau Sumatera kini hanya tinggal 500 ekor. Perburuan liar dan rusaknya habitat menjadi penyebab penurunan jumlah dari endemis tersebut. 

Burung Merak

Dengan bulu yang indah dan unik, Burung Merak menjadi salah satu hewan yang terancam punah dan dilindungi di Indonesia. 

Burung Merak paling banyak dapat ditemui di area Pulau Jawa dan daratan Indonesia bagian Timur. 

Perburuan liar menjadi penyebab berkurangnya populasi Burung Merak. Kini, tercatat populasi dari Burung Merak hanya tinggal 10 ribu hingga 20 ribu ekor.

Dugong

Dugong merupakan mamalia laut yang hidup dan berada di daratan Indo Pasifik dan perairan Australia. Dugong menjadi salah satu hewan yang dilindungi di Indonesia karena jumlahnya yang semakin sedikit. 

Tercatat, jumlah populasi Dugong di seluruh Dunia hanya berkisar pada 30 ribu ekor.

Elang Flores 

Elang Flores merupakan salah satu hewan yang dilindungi di Indonesia. Dengan habitat yang berada di Indonesia Bagian Timur, Elang Flores memiliki populasi yang sangat sedikit, hanya berkisar pada 100 sampai 240 ekor.

Orangutan Kalimantan

Orangutan Kalimantan merupakan salah satu jenis hewan yang dilindungi di Indonesia. Perburuan liar dan penebangan hutan secara besar besaran yang menjadi habitatnya, adalah penyebab utama Orangutan Kalimantan berada di kondisi hampir punah. 

Badak Jawa

Badak Jawa merupakan endemis yang dapat ditemukan di daratan Pulau Jawa, yang hingga saat ini tercatat hanya tinggal 60-70 ekor saja di Indonesia. Perburuan liar menjadi salah satu faktor utama punahnya endemis tersebut. (OL-1)

Baca Juga

Dok Litbang MI

PPOK Juga Ancam Perokok Pasif

👤Naufal Zuhdi 🕔Kamis 01 Desember 2022, 07:05 WIB
Karena fungsi paru tidak bisa kembali normal, pasien PPOK dianjurkan melakukan rehabilitasi medik untuk melatih otot...
Antara

KPI Dukung Pelaksanaan ASO Tahap II

👤Ant 🕔Rabu 30 November 2022, 23:08 WIB
Adapun wilayah-wilayah yang akan melaksanakan ASO tahap II ini antara lain Kota Bandung, Yogyakarta, Solo, Semarang dan...
Antara

Stigma Negatif Masih Melekat pada ODHIV

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Rabu 30 November 2022, 22:51 WIB
Padahal, penularan HIV bisa terjadi dengan berbagai cara. Mulai dari penggunaan jarum suntik yang tidak aman, transfusi tidak aman, hingga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya