Rabu 05 Oktober 2022, 11:55 WIB

Mengenal Jenis-Jenis Penelitian dalam Karya Tulis

Mesakh Ananta Dachi | Humaniora
Mengenal Jenis-Jenis Penelitian dalam Karya Tulis

litbang.kemendagri.go.id
Ilustrasi

 

DILANSIR dari KBBI, penelitian adalah kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian data yang dilakukan secara sistematis dan objektif untuk memecahkan suatu persoalan atau menguji suatu hipotesis untuk mengembangkan prinsip-prinsip umum. 

Maka, untuk dapat melakukan pembuktian pada kebenaran, diperlukannya penelitian. Oleh karena itu, untuk mengenal penelitian lebih lagi, mari mengetahui jenis jenis penelitian sebagai berikut.

Jenis-jenis penelitian

Setidaknya terdapat 5 jenis penelitian yang dapat Anda gunakan untuk membuktikan kebenaran sebuah hipotesa Anda. Jenis penelitian tersebut adalah, penelitian kualitatif, penelitian kuantitatif, penelitian eksperimen, penelitian deskriptif, dan penelitian campuran. 

Baca juga: UI Kerja Sama Riset dengan PT NGE, Cegah Stunting dan Kurang Gizi

Anda dapat menggunakan jenis penelitian sesuai dengan kebutuhan dalam pembuktian hipotesis.

Penelitian kualitatif

Penelitian kualitatif adalah penelitian yang berfokus pada pembuktian hipotesis nonangka. Bersifat deskriptif. 

Dalam penelitian kualitatif cenderung menggunakan observasi dan penelitian dalam pembuktiannya. Dan untuk memperoleh data utama, biasanya dilakukan dengan wawancara. 

Penelitian kuantitatif

Berbeda dengan penelitian kualitatif, penelitian kuantitatif adalah bertujuan untuk meneliti sebuah hipotesis dengan cara mengumpulkan data yang bisa diukur dengan menggunakan ilmu statistik, matematika, dan komputasi. Artinya, penelitian kuantitatif memiliki jawaban yang cenderung pasti. 

Penelitian eksperimen

Penelitian eksperimen, sesuai dengan namanya adalah penelitian yang bersifat “try and try”. Yang berarti, penelitian ini dilakukan dengan memasukkan sifat trial and error. Hal ini ditujukan untuk membuktikan sebuah hipotesis. 

Penelitian deskriptif

Penelitian deskriptif adalah jenis penelitian yang menggambarkan sebuah deskripsi dari fenomena yang diteliti. Penelitian deskriptif yang menggambarkan langsung sebuah fenomena suatu objek, mengharuskan sang peneliti untuk datang langsung, dan melakukan observasi serta analisis nya sendiri. 

Artinya, peneliti harus berinteraksi langsung dengan objek atau fenomena yang sedang diteliti untuk dapat melakukan laporan secara deskriptif mengenai kejadian tersebut.

Penelitian campuran

Penelitian campuran adalah jenis penelitian yang menggabungkan antara jenis penelitian kualitatif dan kuantitatif. Yang berarti, dalam membuktikan sebuah hipotesis yang sedang diteliti tidak cukup untuk menggunakan satu jenis penelitian saja. 

Hal ini pada umumnya disebabkan karena tingkat penelitian yang lebih kompleks. Hingga, dibutuhkan dua jenis penelitian tersebut yang saling berkolaborasi untuk dapat menggambarkan fenomena atau kejadian tersebut. (OL-1)

Baca Juga

DOK KIDDU

Kiddu, Aplikasi Web Bantu Anak Tingkatkan Kecerdasan EQ

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 02 Desember 2022, 08:51 WIB
Aplikasi Kiddu bisa diakses dari seluruh Indonesia, bahkan luar negeri, hanya melalui web...
Ilustrasi

Waspadai Gejala Kesulitan Berkemih Pada Perempuan

👤Clara Astuti Jaya 🕔Jumat 02 Desember 2022, 08:15 WIB
Terjadinya susah kencing pada perempuan disebabkan oleh berbagai faktor risiko, seperti penyakit yang diderita dan...
Dok. DPR Ri

BMKG Diminta Terus Update Potensi Bencana Hidrometeorologi Jelang Nataru

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 02 Desember 2022, 08:00 WIB
"Kita menyampaikan kepada BMKG supaya menyampaikan kepada mitra-mitra kita, bahwa jika ada titik-titik bencana supaya persiapan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya