Rabu 17 Agustus 2022, 17:17 WIB

Pimpin Upacara Kemerdekaan, Andi Salman Sedot Perhatian Peserta Jamnas XI Cububur

Selamat Saragih | Humaniora
Pimpin Upacara Kemerdekaan, Andi Salman Sedot Perhatian Peserta Jamnas XI Cububur

MI/Selamat Saragih
Andi Salman Najafy, Ketua OSIS SMPN 115 Jakarta terpilih menjadi Pemimpin Upacara kemerdekaan pada 17 Agustus 2022

 

SEKITAR 10.000 orang peserta Pramuka Penggalang dari Kwarda seluruh Indonesia mengikuti Jambore Nasional (Jamnas) ke XI dilaksanakan sejak tanggal 14 hingga 21 Agustus 2022 di Bumi Perkemahan Pramuka (Buperta) Cibubur.

Ketua OSIS SMPN 115 Jakarta terpilih menjadi Pemimpin Upacara kemerdekaan RI ke 77. Dia merupakan Pramuka Penggalang dari Gugus Depan (Gudep) 03-051 SMPN 115 Jakarta, Kwarcab Jakarta Selatan, Kwarda DKI Jakarta.

"Jambore Nasional adalah kegiatan yang seru dan menyenangkan, karena kegiatan ini bermanfaat, banyak pengalaman dan ilmu baru, juga teman baru tentunya," ujar Salman sapaan akrab Andi Salman, seusai upacara, Rabu (17/8).

Tampil memukau di depan peserta dan tamu yang hadir di lokasi, Salman mengatakan, bahwa sebelum terpilih menjadi pemimpin upacara tersebut, dia telah mengikuti proses seleksi sejak dua bulan terakhir.

"Persiapan di tingkat nasional hanya sekitar 2 bulan sejak bulan Juni lalu, proses seleksi di Kwarda sejak bulan April dan seleksi di Kwarnas pada bulan Juni yang lalu," kata ketua OSIS SMPN 115 Jakarta ini.

"Pemimpin Upacara ini terpilih melalui proses seleksi petugas upacara secara berjenjang dari Kwarran, Kwarcab, Kwarda hingga tingkat nasional di Kwarnas," lanjutnya.

Siswa berprestasi kelahiran Jakarta, 23 Januari 2008 yang memiliki hobi Scout, Coding (Pemrograman) dan baca Quran ini juga telah menguasai berbagai bahasa pemrograman.

Dari kemampuannya tersebut, Salman telah membangun berbagai web maupun aplikasi serta telah mendapat apresiasi khusus untuk presentasi di hadapan Gubernur DKI Jakarta pada September 2021. Salah satu karya yang sukses dibangun Salman adalah website OSIS/DPS SMPN 115.

Sebagai informasi, Jamnas XI juga merupakan momentum berkumpulnya Tunas Muda Pramuka Penggalang seluruh Indonesia berkumpul guna menjalin persahabatan dan persaudaraan dengan slogan Ceria, Berdedikasi, dan Berprestasi. “Sukses Jamnas XI dan selamat Hari Pramuka ke 61," ujar Salman.

Diketahui, bertindak sebagai insperktur Upacara 17 Agustus 2022 di Buperta Cibubur adalah Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Komjenpol (Purn), Budi Waseso. (OL-13)

Baca Juga

Ist

Uskup Mandagi Berharap Paus Injak Tanah Marauke

👤Rosemary Sihombing 🕔Kamis 29 September 2022, 04:16 WIB
"Saya mengutarakan kepada paus bahwa umat Katolik di Keuskupan Agung...
MI/HARYANTO

Undip Kukuhkan 11 Guru Besar

👤Haryanto 🕔Rabu 28 September 2022, 23:30 WIB
Acara pengukuhan 11 Guru Besar ini dilaksanakan dalam empat tahap selama empat hari, mulai 27-30 September...
ANTARA

Sertifikasi Jadi Penyebab Rendahnya Jumlah Guru Untuk Anak Berkebutuhan Khusus

👤Faustinus Nua 🕔Rabu 28 September 2022, 22:44 WIB
Kebutuhan guru untuk anak berkebutuhan khusus (ABK) masih jauh dari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya