Senin 11 Juli 2022, 19:33 WIB

Penyakit Anak Semakin Kompleks, Mayapada Hospital Sediakan Layanan Dokter Anak Subspesialis

Mediaindonesia.com | Humaniora
Penyakit Anak Semakin Kompleks, Mayapada Hospital Sediakan Layanan Dokter Anak Subspesialis

Dok. Mayapada Hospital
Ilustrasi penanganan penyakit pada anak

 

SAAT ini jenis penyakit anak sudah banyak yang kompleks, sehingga membutuhkan dokter anak dengan subspesialis yang khusus. Yang belum banyak diketahui para orang tua adalah penanganan penyakit anak dan dewasa, sangatlah berbeda. 

Walaupun jenis penyakitnya sama, seperti contoh diare, flu, sakit perut, ataupun masalah jantung, gejala pada anak dan dewasa berbeda serta penanganannya pun bisa berbeda. Penyakit yang umumnya ditemukan pada orang dewasa, mulai bergeser ditemukan mulai dari kanak-kanak dan remaja. 

Hal itu menunjukkan bahwa penyakit anak kian kompleks dan perlu penanganan yang khusus dan komprehensif agar dapatkan  hasil maksimal dan penanganan yang tepat. 

Sebagai contoh kasus, seorang anak mengalami keluhan awal bengkak dan nyeri sendi tanpa ada riwayat cedera sebelumnya, setelah diperiksa secara mendalam oleh dokter spesialis anak, ternyata bengkak dan nyeri tersebut merupakan gejala dari gangguan imunologi anak sehingga dalam penanganannya dokter tersebut berkolaborasi dengan dokter spesialis anak dengan subspesialis Alergi & Imunologi Anak. 

Oleh karena kebutuhan penanganan kasus anak yang kompleks dan terus berkembang, Pediatric Center Mayapada Hospital hadir dengan pendekatan multi-subspesialisasi untuk membantu para orang tua memenuhi kebutuhan anak yang spesifik agar mendapatkan perawatan yang tepat sehingga meminimalisir resiko komplikasi yang tidak diinginkan. 

Saat ini Mayapada Hospital memiliki 56 dokter anak, 34 diantaranya adalah subspesialis khusus Anak. Mayapada Hospital memiliki Konsultan Hati & Saluran Cerna Anak yaitu DR.dr. Eva Jeumpa Soelaeman, Sp.A(K) dan dr.Nuraini Irma Susanti, Sp.A(K), selain itu Konsultan Paru & Pernapasan ditangani oleh dr.Madeleine Ramadhani Jasin Sp.A(K). Ada dr.Harun Wijaya, Sp.A(K) hadir untuk menangani masalah Alergi dan Imunologi pada anak. 

Sedangkan untuk permasalahan anak yang rumit dan membutuhkan penanganan khusus seputar Tumor, Kanker & Kelainan Darah Anak, orang tua bisa berkonsultasi dengan dr. Sri Mufti Ardani Fita Moeslichan, Sp.A dan DR.dr.Aulia Fitri Swity, Sp.A(K). 

Disamping itu, Mayapada Hospital juga dilengkapi dengan Konsultan Mata Anak dan seputar spektrum permasalahannya. Selain itu, terdapat juga Konsultan Saraf Anak dan Konsultan Kegawatdaruratan & Perawatan Intensif untuk kasus-kasus yang membutuhkan penanangan intensif. 

Baca juga : Pakar Laporkan Temuan Jenis Subvarian BA.2.75 di India: Centaurus

Untuk permasalahan Jantung pada anak, Mayapada Hospital mempunyai Konsultan Jantung dan Kelainan Anak, ditunjang oleh Konsultan Bedah Jantung dan Bedah Umum Anak bagi kasus yang memerlukan tindakan pembedahan. Terdapat juga Konsultan Infeksi tropik khusus untuk penyakit tropik dan Konsultan kasus-kasus pada bayi baru lahir atau neonatal, hingga Konsultan Gigi Anak. 

Hospital Director Mayapada Hospital Jakarta Selatan Benny H Tumbelaka mengatakan, layanan Unggulan Anak di Mayapada Hospital Jakarta Selatan, merupakan layanan yang komprehensif, terintegrasi di dukung oleh tim multi subspesialis yang ahli di bidangnya serta fasilitas yang lengkap untuk menunjang diagnosa. 

Tim dokter anak Mayapada Hospital terdiri dari Konsultan bayi baru lahir, kegawatdaruratan & perawatan intensif anak, saraf, jantung, mata anak, paru dan pernapasan, penyakit infeksi tropik, bedah, hati dan saluran cerna, bahkan Mayapada Hospital juga memiliki dokter khusus yang dapat menangani kasus rumit dan kompleks seperti kanker dan kelainan darah, disamping alergi imunologi, hingga gigi anak. 

"Layanan ini di desain dan dibangun senyaman mungkin untuk mengakomodir kebutuhan ibu dan anak, serta memberikan perasaan aman dan nyaman, sehingga anak, orang tua dan pendamping merasa nyaman ketika menjalankan proses perawatan kesehatan selama di rumah sakit," katanya.

“Mengapa kami memiliki multisubspesialis yang lengkap di bagian Pediatri (Anak)? Karena kami paham kekhawatiran orang tua dalam menghadapi anak yang sakit serta ingin memberikan perawatan yang terbaik dan tepat pada buah hati. Kami juga paham kompleksitas penyakit anak apabila tidak ditangani dengan tepat dan baik, dapat menimbulkan resiko yang tidak diinginkan,” imbuhnya.

Layanan unggulan Pediatri (Anak) dengan subspesialis lengkap juga tersedia di semua unit Mayapada Hospital. Selain itu,  juga tersedia ruang tunggu poli yang luas, menarik dan nyaman, ruang laktasi untuk Ibu menyusui, pojok bermain anak untuk mengeksplor kreativitasnya.

'Serta sistem administrasi terintegrasi yang berada dalam ruang yang sama dengan Pediatri Center tersebut, sehingga orang tua merasa aman dan nyaman dalam mendampingi buah hati sepanjang proses perawatan di Mayapada Hospital. Layanan Pediatri (Anak) juga terpisah dari gedung perawatan Covid-19 dan didisinfeksi secara berkala setiap harinya," pungkas Benny. (RO/OL-7)

Baca Juga

Ist

Dukung Industri Fesyen Tanah Air, Oppo Bazaar Fashion Festival Digelar

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 11:03 WIB
Peragaan busana ini pun menggandeng beberapa tokoh ternama seperti Adrian Gan & Sonderlab, Tangan & Anton Ismael, serta Lulu...
ANTARA /Nyoman Hendra Wibowo

BMKG Dukung Petani dan Nelayan Antisipasi Cuaca Ekstrem

👤 Atalya Puspa 🕔Senin 08 Agustus 2022, 10:45 WIB
Salah satu upaya yang dilakukan BMKG adalah dengan membuat sekolah lapang sebagai platform yang didesain untuk memfasilitasi literasi...
ANTARA/Ari Bowo Sucipto

Presien Minta BMKG Identifikasi Ancaman dan Dampak Perubahan Iklim secara Menyeluruh

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 08 Agustus 2022, 10:45 WIB
Presiden Joko Widodo memerintahkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk mengidentifikasi risiko perubahan iklim dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya