Kamis 07 Juli 2022, 15:00 WIB

Kemenkominfo Disokong Kemendagri untuk Verifikasi Data Penerima STB

Muhamad Fauzi | Humaniora
Kemenkominfo Disokong Kemendagri untuk Verifikasi Data Penerima STB

dok.kominfo
Warga menerima peralatan set top box gratis dari Metro TV di Banda Aceh, Aceh, pada 17 Maret 2022.

 

KEMENTERIAN Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mendapatkan bantuan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk melakukan verifikasi data penerima Set Top Box (STB) yang nantinya berfungsi pada pelaksanaan multiple Analog Switch Off (ASO) di Tanah Air.

"Untuk memenuhi kebutuhan STB yang baru, ini datanya sedang kami konsolidasi dengan Kemendagri. Jadi kita dapat bantuan dari Dirjen Bina Pemerintahan Desa dan sedang dilakukan konfirmasi langsung ke desa- desa. Jadi kemarin itu kan data kami dari Kementerian Sosial, nah data itu sedang diverifikasi oleh pemerintahan- pemerintahan desa. Kita sedang menunggu balasan Insya Allah dalam waktu dekat sudah ada," kata Plt. Direktur Jendral Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo Ismail dalam keterangannya yang dikutip dari LKBN Antara, Kamis (7/7)

ASO atau migrasi siaran TV analog ke digital merupakan program nasional yang masuk dalam tahap pengimplementasian pada 2022 dan sudah ada delapan kabupaten yang mulai merasakan siaran TV digital dan tak lagi menggunakan spektrum siaran TV analog.

Adapun delapan kota dan kabupaten yang terdiri dari Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Kepulauan Meranti di Provinsi Riau.

Lalu dari Provinsi Nusa Tenggara Timur ada Kabupaten Timur Tengah Utara, Kabupaten Belu, serta Kabupaten Malaka. Disusul dua daerah lainnya dari Provinsi Papua Barat yaitu Kota Sorong serta Kabupaten Sorong.

Dalam ASO perdana, Pemerintah melalui Kementerian Kominfo sudah memberikan bantuan sebanyak 87.000 perangkat Set Top Box (STB) yang merupakan perangkat untuk mengkonversi dan memungkinkan TV analog menerima siaran TV digital.

Bantuan STB itu diberikan kepada masyarakat miskin yang tentunya kesulitan untuk membeli TV digital. Adapun multiple ASO di Indonesia mulai berlangsung sejak 30 April 2022 dan ditargetkan rampung di 2 November 2022.

Dengan kondisi 6,7 juta STB seharusnya dibagikan kepada warga miskin agar bisa menikmati siaran TV digital.

Namun ternyata dalam temuan di lapangan masih ada kekurangan sebanyak 1,5 juta perangkat STB jika benar- benar ingin menjangkau penerima manfaat.

Selain melakukan verifikasi data, Kementerian Kominfo juga tengah berupaya mengajukan kekurangan STB itu masuk dalam daftar belanja anggaran. "Kita sedang ajukan ke Kementerian Keuangan ya," kata Ismail. (OL-13)

Baca Juga: Gunakan STB Tersertifikasi, Kominfo: Banyak Pilihan bagi Masyarakat

Baca Juga

DOK RENDRA SETYADIHARJA

Jadi Warisan Budaya Dunia UNESCO, Nadiem Ajak Lestarikan Pantun

👤Faustinus Nua 🕔Senin 15 Agustus 2022, 22:15 WIB
Indonesia telah mencatat sejarah penting karena pantun diakui sebagai budaya dunia pada Desember 2020 dan kerja keras melestarikan pantun...
Antara

Masta, Masakan Sehat Atasi Stunting dari Garut

👤Dinda Shabrina 🕔Senin 15 Agustus 2022, 22:05 WIB
Kabupaten Garut menjadi daerah dengan prevalensi stunting tertinggi se-Jawa...
Antara

170,6 Juta Orang Sudah Divaksinasi Lengkap

👤MGN 🕔Senin 15 Agustus 2022, 21:40 WIB
Sementara itu, Kemenkes mencatat 14.732 ribu orang disuntik vaksin dosis pertama hari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya