Rabu 18 Mei 2022, 21:07 WIB

Makna dan Arti Pancasila bagi Bangsa Indonesia

Pierre Lavender | Humaniora
Makna dan Arti Pancasila bagi Bangsa Indonesia

MI/Palce Amalo.
Petugas menurunkan plakat burung garuda dari KRI Teluk Ende yang sandar di Pelabuhan Bung Karno di Ende, Nusa Tenggara Timur, Kamis (31/5).

 

PANCASILA ialah pilar ideologis negara Indonesia. Nama ini terdiri dari dua kata dari Sanskerta: पञ्च pañca berarti lima dan शीला śīla berarti prinsip atau asas. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Panca memiliki arti lima dan sila berarti dasar. Secara keseluruhan Pancasila berarti lima dasar dari negara Indonesia. 

Isi dari Pancasila itu sendiri yaitu lima butir sila yang menjadi asas dari kehidupan berbangsa dan bernegara, yaitu (1) Ketuhanan yang Maha Esa, (2) Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, (3) Persatuan Indonesia, (4) Kerakyatan yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan dan Perwakilan, dan (5) Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Menerapkan Pancasila dalam menjalani kehidupan bermasyarakat merupakan salah satu kewajiban kita sebagai warga negara Indonesia. 

Namun, masih banyak yang belum paham cara pengaplikasiannya. Yuk, kita bahas bersama.

Sila Pertama: Ketuhanan yang Maha Esa

Sila ini menjamin kebebasan beragama karena makna kemerdekaan beragama bagi bangsa Indonesia sangat besar. Oleh karena itu, pengaplikasian sila pertama adalah dengan:

* Menghormati setiap agama/kepercayaan yang ada di Indonesia, menjaga toleransi.
* Menjalankan agama dengan tetap memperhatikan kondisi sekitar serta tidak mengganggu ketertiban dan keamanan di tengah masyarakat.
* Menjaga toleransi atau saling menghormati di antara umat beragama.
* Tidak memaksakan kehendak untuk menganut satu agama tertentu. 

Sila Kedua: Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

Sila kedua ini mewakili menjunjung tinggi kesetaraan hak dan kewajiban manusia yang membutuhkan kepekaan terhadap situasi lingkungan sekitar dengan menerapkan sikap empati yang tinggi. Penerapan Pancasila sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab bisa kamu lakukan melalui hal-hal berikut:

* Menghargai perbedaan di tengah masyarakat yang terdiri dari banyak suku, agama, ras dan adat istiadat (RAS).
Dengan menghargai perbedaan tersebut, kita wajib untuk saling mencintai sesama manusia, mengembangkan sikap tenggang rasa dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan.

* Selalu menjaga adab atau kesopananan, budi pekerti di berbagai kondisi dan situasi.
*Tidak melakukan diskriminasi atau membeda-bedakan perlakuan terhadap sesama warga negara sekalipun berbeda tingkat pendidikan, kondisi ekonomi dan lain sebagainya.
*Berani untuk menyampaikan kebenaran dan menegur orang lain jika melakukan perilaku yang tidak sesuai dengan adab dan etika kemanusiaan.
*Menjaga keseimbangan dalam pelaksanaan hak dan kewajiban, jangan sampai hak dan kewajiban kita merugikan atau mencederai hak dan kewajiban orang lain.
*Berpartisipasi di dalam kegiatan sosial dan kemanusiaan

Sila Ketiga: Persatuan Indonesia

Persatuan rakyat Indonesia merupakan kekuatan dasar yang dibutuhkan untuk mempertahankan keamanan dan pertahanan Indonesia dari ancaman yang berasal dari dalam maupun luar negeri. Penting bagi kita semua untuk selalu menjaga persatuan dan kesatuan di tengah masyarakat dengan tidak mudah dipecah belah, apalagi lewat berita hoaks yang marak disebar belakangan ini. Jadi apa sih yang bisa kamu lakukan untuk menjaga persatuan Indonesia dan mengaplikasikan sila ketiga Pancasila?

* Mengenyampingkan opini pribadi dan mengutamakan segala kepentingan negara yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan pembangunan nasional Indonesia.
* Mengenyampingkan segala perbedaan karena kita sadar bahwa kita bertanah air yang satu, Indonesia.
* Mencintai dan mengonsumsi produk dalam negeri agar perekonomian di dalam negara menjadi lebih maju.
* Berusaha untuk menghasilkan prestasi yang dapat membanggakan bangsa Indonesia baik di tingkat nasional maupun internasional.
* Meningkatkan kreativitas dan inovasi diri untuk memajukan bangsa Indonesia.
* Memperluas pergaulan dengan orang-orang baru dari berbagai daerah.

Sila Keempat: Kerakyatan yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan dan Perwakilan

Sila keempat Pancasila mewakili semangat demokrasi yang menjadi bentuk pemerintahan Indonesia. Sila ini menginginkan segala kegiatan pemerintahan diperuntukkan sebesar-besarnya untuk kepentingan rakyat. Wujud pengaplikasian Pancasila sila keempat adalah sebagai berikut:

* Ikut dalam pemilihan umum dengan menggunakan hak pilih atau mengajak orang lain untuk menggunakan hak pilihnya.
* Mencalonkan diri atau mengajukan seseorang untuk menjabat suatu jabatan tertentu sebagai salah satu perwujudan demokrasi, baik dalam sektor pemerintahan maupun dalam kehidupan sehari-hari.
* Mengutamakan pengambilan keputusan dengan musyawarah mufakat untuk menyelesaikan setiap permasalahan dalam bermasyarakat. 
* Menghormati hasil musyawarah sekalipun bertentangan dengan pendapat kita.
* Tidak melakukan paksaan pada orang lain agar menyetujui apa yang kita katakan atau lakukan. Begitu juga sebaliknya, tidak ada yang bisa dan boleh memaksakan kehendaknya kepada kita.
* Mengawasi dan memberikan saran serta pendapat terhadap penyelenggaraan kedaulatan rakyat yang dilakukan oleh pemerintah. 

Sila Kelima: Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Pengamalan sila terakhir ini diwujudkan dengan mengembangkan perbuatan-perbuatan yang luhur, yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan serta gotong royong, karena hal ini adalah ciri khas dari warga negara Indonesia. Adanya sila ini diharapkan bisa mewujudkan kondisi yang berkeadilan, yang merupakan mimpi semua orang. Apa saja yang bisa kamu lakukan untuk menerapkan sila kelima?

Baca juga: Sakit Pinggang Sebelah Kanan pada Wanita, ini Penyebab dan Cara Mengobati

* Berusaha sebaik mungkin untuk membantu orang-orang yang sedang dilanda kesulitan.
* Meningkatkan kepekaan sosial dengan mengadakan kegiataan kerelawanan yang bisa membantu sesama seperti bakti sosial, donor darah, mengajar, konser amal, dll.
* Bersikap adil dalam aktivitas apapun yang kita lakukan dan dengan siapapun kita berhubungan.
* Tidak mengganggu orang lain dan menegur siapapun yang mengganggu ketertiban dan keamanan di tengah masyarakat.
Menghargai karya atau hasil karsa cipta yang dimiliki orang lain dan yang kita hasilkan sendiri.
* Berani memperjuangkan keadilan baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain dalam membantu orang lain untuk memperjuangkan keadilan. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA/Adeng Bustomi

Benarkah Panti Jompo Solusi Agar Lansia tidak Kesepian?

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 09:30 WIB
"Ada sebagian yang memilih untuk tinggal bersama orang yang satu gelombang, makanya memilih tinggal di...
MI/HO

Dukung Data Driven Policy, Menkominfo: Pemerintah akan Bangun 4 PDN

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 09:29 WIB
“Pemerintah akan membangun empat PDN berstandar global Tier- IV, Tingkat yang sangat tinggi untuk standar pusat...
MI/Dok Kemenkominfo

Menkominfo Bahas Peluang Investasi Data Center di Batam

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 09:20 WIB
“Jadi untuk bisa mendapatkan Data Center Nasional Tier-4, itu ada minimal ukurannya. Sebenarnya, ukuran minimalnya adalah 3 Ha...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya