Selasa 03 Mei 2022, 21:40 WIB

Periode H-7 Hingga Lebaran, 5,7 Juta Pemudik Gunakan Transportasi Umum

Inzi Nantika Jelita | Humaniora
Periode H-7 Hingga Lebaran, 5,7 Juta Pemudik Gunakan Transportasi Umum

ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Antrean penumpang di Pelabuhan Merak, Banten.

 

KEMENTERIAN Perhubungan (Kemenhub) menyatakan secara total jumlah penumpang kumulatif di semua moda angkutan umum mulai H-7 sampai hari H Lebaran (25 April-2 Mei) menembus 5.703.979 orang.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati, pada Selasa (3/5) menyebut, dari jumlah tersebut, penumpang angkutan penyeberangan masih yang tertinggi dengan 1.766.802 penumpang. "Ada lima pelabuhan penyeberangan terpadat yakni Merak, Gilimanuk, Bakauheni, Ketapang, dan Kayangan, Lombok Timur," ungkapnya dalam siaran pers.

Kemudian, disusul angkutan udara sebanyak 1.478.812 penumpang. Dengan pergerakan penumpang keberangkatan terpadat di lima bandara, yakni di Soekarno Hatta, Sultan Hasanuddin (Makassar), Juanda (Surabaya), Ngurah Rai (Bali) dan Sepinggan (Balikpapan).

"Berikutnya, angkutan jalan (bus) dengan 1.056.602 penumpang. Dengan pergerakan penumpang terpadat di lima terminal ada di Kertonegoro Ngawi, Ir. Soekarno (Klaten), Purboyo (Surabaya), Giwangan (Yogyakarta), dan Tirtonadi (Solo)," kata Adita.

Kemudian, ada angkutan kereta api dengan 851.430 penumpang. Dengan pergerakan penumpang terpadat di lima daerah operasi (Daop) ada di Daop I Jakarta, Daop VIII Surabaya, Daop VI Yogyakarta, Daop II Bandung, dan Daop IV Semarang.

Lalu, sambung Adita, ada angkutan laut dengan 550.333 penumpang. Pergerakan penumpang keberangkatan terpadat di lima pelabuhan ada Gilimanuk, Batam, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Pinang, dan Balikpapan.

Jubir Kemenhub menambahkan, untuk pergerakan kendaraan pribadi, berdasarkan data Jasa Marga, pada hari H Lebaran kemarin, kendaraan yang meninggalkan Jabotabek masih tinggi dengan 179.083 kendaraan.

"Angka ini naik 34,3% jika dibandingkan dengan lalu lintas di hari biasa pada periode November 2021 sebanyak 133.308 kendaraan," tutup Adita. (OL-15)

Baca Juga

Dok MI

Komnas HAM Pantau Penanganan Tragedi Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 12:48 WIB
Komnas HAM RI meminta pemerintah daerah beserta jajaran terkait melakukan penanganan kesehatan yang intensif serta layanan kemanusiaan bagi...
Ist

Edukasi Konsumen Tingkatkan Kesadaran Tanggung Jawab Lingkungan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 12:26 WIB
Webinar FSC Forest Week 2022 memberikan edukasi terkait berbagai macam cara dalam meningkatkan kesadaran bagi konsumen terhadap...
Dok Kominfo

Kemenkominfo Gelar Kelas Podcast Disabilitas Di Surabaya

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 12:15 WIB
Pelatihan ini untuk membuktikan bahwa seluruh elemen masyarakat mendapatkan hak dan akses yang sama untuk berkontribusi di ruang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya