Selasa 26 April 2022, 08:54 WIB

Kominfo Lakukan 3 Tahapan Migrasi Digital

Candra Yuri Nuralam | Humaniora
Kominfo Lakukan 3 Tahapan Migrasi Digital

ANTARA/Iggoy el Fitra
Pedagang melayani pembeli set top box (STB) TV Digital di pusat elektronik Blok AA Pasar Raya Padang, Sumatera Barat, Rabu (30/3/2022).

 

KEMENTERIAN Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melakukan tiga tahapan migrasi TV digital. Direktur Pengembangan Pitalebar Kominfo Marvels Situmorang mengatakan tahapan pertama dimulai pada akhir April 2022.

"Yaitu 30 April 2022 dan itu akan mencakup 56 wilayah siaran untuk meng-cover 166 kabupaten/kota," ujar Marvels dalam diskusi daring yang dikutip pada Senin, (25/4).

Tahapan kedua yakni pada 5 Agustus 2022 di 31 wilayah siaran yang meng-cover 110 kabupaten/kota. Kemudian, pada 2 November 2022 di 25 wilayah layanan yang meng-cover 65 kabupaten/kota.

Baca juga: Solusi Mobilitas bagi Penyandang Disabilitas

Baca jugaSinovac akan Digunakan sebagai Vaksin Booster

Hal tersebut disampaikan Marvels saat diskusi bertema 'Sosialisasi Migrasi TV Digital'. Diskusi dilaksanakan bersama Komisi I DPR untuk menyosialisasikan kebijakan analog switch off (ASO) dan penyerahan bantuan set top box (STB).

ASO merupakan kebijakan untuk menghentikan bertahap siaran televisi analog. Kemudian, menggantinya dengan siaran televisi digital.

Pemerintah melalui Kominfo mengajak masyarakat beralih dari televisi analog ke digital. Dengan demikian masyarakat juga ikut membantu pemerintah mempercepat transformasi digital.

Anggota Komisi I DPR RI, Dave Laksono menjelaskan beberapa fenomena umum digitalisasi penyiaran. Pertama, terkait maraknya pertumbuhan teknologi, konsep, dan aplikasi baru.

"Yang dulunya tidak pernah kita pikirkan sekarang semua sudah berjala, kemudian muncul platform penyiaran baru seperti Netflix, video.Com, HBO," kata Dave. (H-3)

Baca Juga

Ist

Pilih Popok Miliki Daya Serap, Cegah Dermatitis pada Bayi

👤Eni Kartinah 🕔Jumat 30 September 2022, 13:25 WIB
Popok tradisional yang umumnya memiliki bahan dasar pulp kayu. Susunannya tentu tanpa stratifikasi dan partisi sehingga lebih tebal, yaitu...
Pexels

Ayo Kenali Gejala Serangan Jantung Agar Penanganannya Tepat

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 30 September 2022, 12:45 WIB
Dengan mengetahui gejala awal serangan jantung, masyarakat bisa lebih waspada dan segera mencari pertolongan medis bila merasakan...
ANTARA/Aditya Pradana Putra

Kenang G30S/PKI, Warga Diajak Kibarkan Bendera Setengah Tiang

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Jumat 30 September 2022, 12:41 WIB
Pengibaran bendera setengah tiang merupakan sebuah tanda bahwa masyarakat ikut berkabung atas gugurnya 7 Jenderal Militer dalam peristiwa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya