Kamis 21 April 2022, 20:45 WIB

Hari Kartini, BAKTI Kominfo Sebar Sinyal ke Pelosok Negeri

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Humaniora
Hari Kartini, BAKTI Kominfo Sebar Sinyal ke Pelosok Negeri

MI/VICKY GUSTIAWAN
ilustrasi - Pekerja menyelesaikan pembangunan BTS di Kampung Malagufuk, Distrik Makbon, Kabupaten Sorong, Papua Barat.

 

PADA Hari Kartini 2022 yang jatuh pada 21 April, BAKTI Kominfo Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terus bergerak dengan membangun base transceiver station (BTS) 4G di pelbagai wilayah Papua.

Perjuangan BAKTI Kominfo dilakukan guna menyamaratakan kebutuhan sinyal ke seluruh pelosok negeri. Sejauh ini, BAKTI Kominfo telah memasang 800 BTS di pelbagai wilayah di Papua dari total target 1.811 BTS.

Tepat di Hari Kartini, tim BAKTI Kominfo mendatangi langsung lokasi tower BTS di sekitar Pegunungan Bintang, Papua, Kamis (21/4).

Jalan terjal dan belum ada aksesnya jalan ke desa di wilayah Pegunungan Bintang membuat tim harus menaiki helikopter dari Bandara Sentani-Jayapura menuju ke Bandara Senggeh.

Untuk menuju Bandara Senggeh, tim BAKTI Kominfo harus melewati pegunungan dan hutan belantara Papua melalui udara.

Bandara Senggeh juga menjadi titik kumpulnya material BTS yang akan disalurkan ke desa-desa di pelosok Papua, tepatnya wilayah Pegunungan Bintang.

Pengiriman barang dilakukan melalui dua cara, yakni melalui pesawat jenis karavan dengan total material satu ton dan membawa material Vsat, hingga pagar BTS melalui helikopter dengan cara eksternal.

Desa pertama yang didatangi tim BAKTI Kominfo ialah distrik murkim. Butuh sekitar 30 menit dari Senggeh untuk sampai ke distrik Murkim.

Di sana, proses pemasangan tower BTS 4G masih berlangsung. Warga pun tampak semringah karena sebentar lagi sinyal akan hadir di wilayahnya.

Baca juga: Ini Tantangan yang Dihadapi BAKTI Kominfo dalam Pasang BTS di Papua

Kristianus Ani, warga distrik Murkim, mengaku siap menjaga serta memanfaatkan tower BTS yang terpasang di wilayahnya.

“Kami akan menjaga apapun, barang atau tower ini, alat komunikasi kami, jika rusak kami akan hubungi untuk perbaikan ulang,” tuturnya di lokasi tower BTS di distrik Murkim, Pegunungan Bintang, Papua, Kamis (21/4).

Setelah mengunjungi distrik Murkim, tim BAKTI Kominfo tancap gas dengan menaiki helikopter menuju ke desa Jember, Towe, Papua.

Di desa Jember, tower BTS dengan total berat 10 ton itu telah terpasang dan on air. Artinya, BTS ini bisa dinikmati warga yang berada di sekitar desa Jember.

Salah satu warga desa Jember, John, mengaku telah menikmati manfaat BTS 4G untuk berkomunikasi dan berselancar di media sosial.

“Kami senang dengan adanya pembangunan tower, sudah pernah dicoba komunikasi dan bagus,” ungkapnya. (A-2)

Baca Juga

MI/Dok BKKBN

BKKBN Kukuhkan Kasad Jadi Duta Bapak Asuh Anak Stunting Indonesia

👤Ferdian Ananda Majni, Ardi 🕔Kamis 30 Juni 2022, 08:31 WIB
Kepala BKKBN Hasto Wardoyo, secara simbolik, menyematkan selendang Duta Bapak Asuh Anak Stunting kepada Jenderal Dudung, sekaligus menandai...
Marieclaire

Pil Kontrasepsi Bisa Bantu Regulasi Suasana Hati

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 30 Juni 2022, 08:15 WIB
Dengan mengonsumsi pil KB hormonal, hal itu akan menambah kadar estrogen dalam tubuh sehingga kerja serotonin menjadi normal...
MI/Susanto

Tim Kesehatan Haji Siap Hadapi Puncak Armuzna

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Kamis 30 Juni 2022, 08:01 WIB
Untuk Armuzna, sebanyak 782 orang tenaga kesehatan akan diturunkan. Mereka terdiri dari 48 dokter spesialis, 67 dokter umum, serta ratusan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya