Sabtu 12 Maret 2022, 15:29 WIB

Aksi Bersih Pantai Upaya Bangkitkan Kesadaran Kolektif Tangani Sampah

Atalya Puspa | Humaniora
Aksi Bersih Pantai Upaya Bangkitkan Kesadaran Kolektif Tangani Sampah

ANTARA FOTO/Basri Marzuki
Sampah plastik di pesisir pantai

 

WAKIL Menteri LHK Alue Dohong memimpin kegiatan bersih pantai atau coastal clean up di kawasan pantai Tanjung Pasir, Tangerang, Provinsi Banten, Sabtu (12/3). Kegiatan ini merupakan rangkaian agenda Peringatan Hari Bakti Rimbawan Tahun 2022 sekaligus menyongsong Presidensi G20 Indonesia.

"Kegiatan ini merupakan bagian upaya kita menumbuhkan kesadaran semua pihak, supaya terus membersihkan pantai kita agar bebas dari polusi plastik dan polutan lain," kata Alue.

KLHK melakukan pemantauan sampah laut pada tahun 2021 yang dilaksanakan di 23 provinsi, 24 Kabupaten/kota dan 46 pantai. Berdasarkan hasil analisis data pemantauan, sampah yang paling banyak dijumpai dan memiliki kepadatan tertinggi dari semua lokasi pada tahun 2021 berasal dari jenis plastik sebesar 44%. Sampah kedua terbanyak jenis kaca dan keramik sebesar 15%.

Baca juga: KLHK Dorong Sinkronisasi Pembangunan LHK di Ekoregion Papua

Lebih lanjut, Alue Dohong menegaskan upaya penanganan sampah seperti ini tidak hanya parsial dan dilakukan saat ini saja. Harapannya terus-menerus dilakukan sehingga menjadi sebuah gerakan nasional.

Alue Dohong juga menyampaikan sampah yang bermuara di pesisir dan laut ini sekitar 80% berasal dari daratan. Sampah plastik yang dijumpai di suatu lokasi pesisir dan laut juga bersifat lintas batas wilayah administrasi (trans-boundaries), yang dapat berpindah dari satu wilayah pesisir ke wilayah pesisir lainnya mengikuti pola arus laut. 

"Oleh karena itu, dalam penanganannya harus menyeluruh hulu-hilir, dengan kerja-kerja pentahelix, dan kerja kolaborasi yang sifatnya kolektif," ujar Alue Dohong.(OL-5)

Baca Juga

Dok. Pribadi

Kolaborasi Second Life Indonesia-kafe Excelso Ajak Perempuan Bangkit di Masa Pandemi

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 03 Juli 2022, 19:04 WIB
Kegiatan itu memberikan edukasi untuk melakukan pengaturan keuangan keluarga, merekatkan hubungan kasih dan keluarga kembali serta...
Antara

25,05% Masyarakat Rentan dan Umum Sudah Divaksi Booster

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Minggu 03 Juli 2022, 19:02 WIB
Sebanyaj 35.375.727 masyarakat rentan dan umum sudah menerima vaksin covid-19 booster per Minggu...
Ist

Berkreasi Membuat Tren Makanan dengan Whipped Cream

👤Widhoroso 🕔Minggu 03 Juli 2022, 18:57 WIB
MAKANAN dan minuman masa kini makin tampil menggoda dan menarik. Tidak hanya menggugah dari segi rasa, berbagai jenis cake terutama...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya