Selasa 14 Desember 2021, 10:55 WIB

3.000 Orang ke Luar Negeri Per Hari, Sandiaga Khawatirkan Penularan Omicron

 Insi Nantika Jelita | Humaniora
3.000 Orang ke Luar Negeri Per Hari, Sandiaga Khawatirkan Penularan Omicron

MI/Dwi Apriani
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

 

ANTISIPASI masuknya Covid-19 varian Omicron, masyarakat diminta untuk tidak berlibur ke luar negeri selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Pasalnya, tercatat sebanyak 3.000 orang per hari meninggalkan Tanah Air.

"Nah ini sangat menimbulkan kekhawatiran, karena ini adalah suatu peluang dan potensi masuknya varian baru dan bisa memicu peningkatan kasus dan gelombang selanjutnya dari Covid-19 ini," jelas Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam rilisnya, Selasa (14/12).

Dia menuturkan, sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ditegaskan bahwa apabila harus keluar negeri harus dengan alasan yang jelas, tidak diperkenankan untuk piknik.

Menparekraf mengimbau ke masyarakat untuk lebih berwisata dalam negeri, ketimbang pelesiran ke luar negeri

"Jadi, arahan penting adalah untuk warga Indonesia yang ingin berkegiatan ke luar negeri tidak disarankan dan seruannya adalah untuk berwisata di Indonesia Aja, itu arahan jelas untuk mendukung kebangkitan ekonomi kita," ungkap Sandiaga.

Presiden pun, lanjutnya, menginstruksikan kepada aparat penegak hukum seperti, TNI-Polri untuk ikut mengawasi pergerakan masyarakat saat libur Nataru.

Selanjutnya, seluruh pihak juga diminta dapat disiplin menerapkan Aplikasi Peduli Lindungi dalam kegiatan wisata, baik destinasi wisata mal dan restoran.

"Aparat dilibatkan untuk mengawasi, agar penggunaan Aplikasi Peduli Lindungi ini terintegrasi dalam kegiatan pariwisata dan diharapkan ada peningkatan dalam periode Nataru," pungkas politikus Gerindra ini. (Ins/OL-09)

Baca Juga

Ist

Evermos Raih Internasional 3G Championship Awards 2022

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 20 Mei 2022, 05:59 WIB
Penghargaan berskala internasional ini diberikan kepada organisasi yang telah lebih jauh dalam mengimplementasikan program-program...
Dok. Kemenko PMK

Menko PMK Klaim Pelaksanaan Mudik Lebaran Tahun Ini Sukses

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 19 Mei 2022, 23:05 WIB
Muhadjir mengatakan, bukti sukses pelaksanaan mudik 2022 adalah angka kecelakaan telah menurun dibandingkan mudik tahun...
Freepik.com

Hepatitis Akut Merebak, Orangtua Diminta Bawa Anaknya ke Rumah Sakit Jika Alami Gejala

👤Selamat Saragih 🕔Kamis 19 Mei 2022, 22:59 WIB
Anak yang diperiksa kemungkinan akan diminta untuk melakukan kontrol ulang. Saat kontrol ulang, dokter akan melakukan pemeriksaan lanjutan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya