Sabtu 30 Oktober 2021, 16:09 WIB

Indonesia Terima Bantuan Vaksin Moderna dari Belanda

mediaindonesia.com | Humaniora
Indonesia Terima Bantuan Vaksin Moderna dari Belanda

Antara
Petugas medis saat menyiapkan vaksin covid-19 buatan Moderna.

 

INDONESIA kembali menerima dukungan vaksin covid-19 dari negara sahabat. Pada kedatangan tahap ke-108, Indonesia menerima donasi dari pemerintah Belanda sebanyak 819.600 dosis vaksin Moderna dalam bentuk jadi.

"Pemerintah menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada negara sahabat, yang ikut membantu dukungan vaksin. Kali ini, bantuan datang dari pemerintah Belanda berupa vaksin Moderna," ujar Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Usman Kansong dalam keterangan resmi, Sabtu (30/10).

Baca juga: Indonesia dan India Bahas Kemungkinan Pengakuan Sertifikat Vaksin

Dengan kedatangan tahap ke-108, total jumlah vaksin yang tiba di Tanah Air mencapai 313,15 juta dosis. Itu mencakup vaksin dari berbagai merek, baik dalam bentuk jadi maupun bahan baku (bulk). Vaksin tersebut diperoleh dari pembelian langsung da juga bantuan dari negara sahabat.

"Lancarnya kedatangan vaksin membuat upaya percepatan dan perluasan program vaksinasi lebih optimal," katanya.

Usman menambahkan bahwa selain jaminan ketersediaan stok, pemerintah juga mempercepat edukasi terkait vaksin covid-19 kepada masyarakat. Sehingga, masyarakat dapat menangkal berita yang tidak benar atau hoaks. Apalagi di beberapa daerah, hoaks menghambat program vaksinasi. 

Baca juga: CDC AS Kategorikan RI Negara Zona Hijau Covid-19

"Masyarakat dibuat takut dan khawatir terhadap efek vaksinasi, yang dilebih-lebihkan dan dibesar-besarkan," pungkas Usman.

Dia pun kembali menegaskan seluruh vaksin covid-19 yang digunakan aman dan berkhasiat. Serta, telah mendapatkan izin dari BPOM. Pihaknya berharap masyarakat yang belum divaksin, segera mendatangi sentra vaksinasi covid-19.

"Pemerintah berharap masyarakat segera lakukan vaksinasi. Ini juga menjadi langkah untuk mengantisipasi gelombang ketiga covid-19," tutupnya.(OL-11)

 

Baca Juga

MI/Adam Dwi

Program OSC Medcom.id Perluas Peluang Pelajar Dapatkan Beasiswa

👤Widhoroso 🕔Minggu 23 Januari 2022, 00:15 WIB
PROGRAM Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id diyakini mampu melebarkan penyediaan beasiswa melalui kerja sama dengan lebih banyak...
MI/Susanto

Penerima Beasiswa OSC Medcom.id Dapat Prioritas Bergabung ke Media Group

👤Widhoroso 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 23:55 WIB
BEASISWA Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id tidak hanya memberikan bantuan dana pendidikan kepada mereka yang...
DOK Medcom

Beasiswa OSC Medcom.id Permudah Pencarian Siswa Unggulan

👤Widhoroso 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 23:40 WIB
BEASISWA Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id dinilai mempermudah pencarian bibit unggul yang akan berdampak pada pembangunan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya