Senin 18 Oktober 2021, 18:30 WIB

Blitar Jadi Kota Pertama Dalam Uji Coba New Normal di RI

Insi Nantika Jelita | Humaniora
Blitar Jadi Kota Pertama Dalam Uji Coba New Normal di RI

ANTARA FOTO/Irfan Anshori
Warga berolahraga di pusat olah raga Kota Blitar, Jawa Timur di tengah upaya untuk mencapai kenormalan baru.

 

PADA 4 Oktober lalu, Kota Blitar di Jawa Timur menjadi kota yang pertama masuk ke level 1. Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, kota itu akan memulai percobaan penerapan new normal pertama kali di Indonesia selama pandemi.

"Kota Blitar akan kami jadikan sebagai uji coba menuju new normal, di mana sebagian besar aktivitas masyarakat dapat dilakukan mendekati kehidupan normal," jelasnya dalam konferensi pers virtual, Senin (18/10).

Luhut pun melaporkan bahwa hasil evaluasi terhadap Kota Blitar menunjukkan hasil yang positif. Sejak masuk ke level 1, situasi covid-19 di kota itu dikatakan tetap rendah dan terkendali.

Hingga saat ini, situasi pandemi covid-19 dinilai terkendali pada tingkat yang rendah. Kasus konfirmasi Indonesia dan Jawa Bal dilaporkan telah turun hingga 99% dari kasus puncaknya pada 15 Juli lalu.

Baca juga: Luhut Yakin Indonesia Masuk ke Endemi Covid-19 Jika Libur Nataru Terkendali

Pemeritah mengaku terus melakukan evaluasi dalam pelaksanaan PPKM, termasuk dalam penentuan level kabupaten kota. Selama satu bulan terakhir, penurunan level untuk wilayah aglomerasi tertahan beberapa kabupaten kota yang belum mampu mencapai target vaksinasi.

Sebagai contoh, sebagian besar kabupaten/kota di wilayah Jabodetabek yang seharusnya bisa turun ke level 2 tidak bisa turun level karena cakupan vaksinasi di kabupaten Bogor dan Tangerang belum mencapai target.

"Bogor dan Tangerang akan diawasi khusus TNI/Polri untuk mempercepat target ini," kata Luhut.

Berkaca dari kondisi tersebut dan atas persetujuan dari Presiden Joko Widodo, Luhut mengatakan, syarat vaksinasi kab/kota di aglomerasi diubah berdasarkan pencapaian kab/kota itu sendiri, selama keseluruhan aglomerasi sudah memenuhi syarat WHO untuk turun level.(OL-4)

Baca Juga

Dok. Pribadi

Kolaborasi Second Life Indonesia-afe Excelso Ajak Perempuan Bangkit di Masa Pandemi

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 03 Juli 2022, 19:04 WIB
Kegiatan itu memberikan edukasi untuk melakukan pengaturan keuangan keluarga, merekatkan hubungan kasih dan keluarga kembali serta...
Antara

25,05% Masyarakat Rentan dan Umum Sudah Divaksi Booster

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Minggu 03 Juli 2022, 19:02 WIB
Sebanyaj 35.375.727 masyarakat rentan dan umum sudah menerima vaksin covid-19 booster per Minggu...
Ist

Berkreasi Membuat Tren Makanan dengan Whipped Cream

👤Widhoroso 🕔Minggu 03 Juli 2022, 18:57 WIB
MAKANAN dan minuman masa kini makin tampil menggoda dan menarik. Tidak hanya menggugah dari segi rasa, berbagai jenis cake terutama...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya