Senin 20 September 2021, 18:57 WIB

Warga Terdampak Covid-19 di Jabotabek Dapat Paket Sembako dan Makanan

mediaindonesia.com | Humaniora
Warga Terdampak Covid-19 di Jabotabek Dapat Paket Sembako dan Makanan

Ist
Kegiatan pembagian sembako dan makanan dilakukan Foodbank of Indonesia (FOI) dan Centratama Grup (CENT).

 

PANDEMi Covid-19 telah memasuki tahun kedua. Banyak masyarakat yang terkena imbas  karena sektor perekonomian mengalami kelesuan akibat pandemi.    

Untuk meringankan beban warga yang terdampak pandemi, Foodbank of Indonesia (FOI) dan Centratama Grup (CENT) melakukan kegiatan pendistribusian bantuan pangan yang dilaksanakan dari tanggal 16 September hingga 8 Oktober 2021.

Sebanyak 1200 paket sembako dan 10.800 paket makanan siap santap  diberikan bagi keluarga prasejahtera, anak-anak, orang lanjut usia (lansia), dan pekerja informal di wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi, (Jabotabek).

Bantuan paket sembako didapatkan langsung dari petani dan UMKM lokal yang berharap dapat membantu keberlanjutannyadi tengah kondisi sulit saat ini.

 Selain itu, paket makanan siap santap akan disediakan oleh Dapur Pangan FOI (DPF) dan Gerai Pangan FOI yang selama ini biasa memasak dan membagikan makanan kepada masyarakat sekitar.

Gerakan ini dilakukan karena dampak pandemi Covid-19 yang masih dirasakan khususnya bagi akses masyarakat akan pangan.

Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia sejak tahun lalu masih terus berlanjut hingga kini dan membawa dampak besar salah satunya berdasarkan data dari BPS tahun 2021 yang menyebutkan bahwa kemiskinan di Indonesia meningkat hingga 2,7 juta jiwa.

Hal tersebut sangat dirasakan khususnya bagi masyarakat dari keluarga prasejahtera yang pendapatannya berkurang hingga harus kehilangan mata pencahariannya. Kebutuhan dasar mereka semakin sulit untuk dijangkau salah satunya adalah kebutuhan terhadap pangan.

Sebagai upaya untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi khususnya warga prasejahtera, Foodbank of Indonesia berkolaborasi bersama PT Centratama Telekomunikasi Indonesia, Tbk, beserta anak-anak perusahaannya (CENT) memberikan bantuan berupa paket sembako dan paket makanan siap santap.

Kegiatan ini dimaksud untuk menunjukkan kepedulian terhadap melemahnya perekonomian masyarakat akibat pandemi dengan merangkul petani dan UMKM lokal dalam penyediaan bantuan pangan tersebut.

Gerakan ini pun melibatkan Dapur Pangan FOI (DPF) atau dapur pangan berbasis masyarakat yang dikelola FOI bersama relawan serta Gerai Pangan FOI yang merupakan UMKM kuliner yang berkolaborasi bersama dalam penyediaan bantuan makanan.

Penyaluran donasi secara simbolis dilakukan pada  Kamis (16/9) di Manggarai dengan penyerahan paket sembako secara langsung oleh perwakilan pihak CENT kepada Foodbank of Indonesia. Kegiatan ini pun dihadiri jajaran manajemen CENT, Founder Foodbank of Indonesia M. Hendro Utomo, staf FOI, dan para relawan.

 Setelah itu, paket makanan siap santap langsung didistribusikan dengan menggunakan Mobil Pangan Umat (MPU) kepada pekerja informal di wilayah sekitar dibantu dengan pihak CENT bersama relawan

Sriutami Satria, koordinator relawan wilayah Manggarai sangat senang dan berterima kasih terhadap bantuan yang diberikan bagi para penerima manfaat di wilayah Manggarai.

“Di tengah kondisi pandemi seperti ini banyak saudara-saudara kita yang membutuhkan bantuan khususnya makanan apalagi anak-anak dan lansia sekitar yang rutin diberikan makanan oleh DPF karena kebanyakan dari mereka telah kehilangan mata pencaharian," jelasnya pada keterangan pers, Senin (20/9).

"Adanya donasi makanan dari para donatur FOI seperti CENT sangatlah membantu meringankan beban mereka dan semoga semakin banyak pihak yang tergerak” tutur Sri.

Yan Raymond, Direktur Utama PT Centratama Telekomunikasi Indonesia Tbk, mengatakan bahwa kolaborasi ini adalah bagian dari tanggung jawab sosial CENT Group khususnya untuk meringankan sebagian beban masyarakat yang terdampak pandemi sekaligus dalam memeringati Hari Ulang Tahun CENT Group yang ke-8.

“Kami satu Hati untuk peduli dan memberikan dukungan untuk komunitas dalam menghadapi tantangan selama pandemi Covid-19," katanya.

"Saat ini Indonesia dan masyarakat pada umumnya sedang menghadapi kondisi yang sulit, dengan demikian penting bagi kami untuk dapat selalu berbagi dan mewujudkan kepedulian kami kepada masyarakat dengan aksi nyata," ucap Yan.

"Melalui kegiatan ini diharapkan kami dapat membantu sebagian masyarakat dalam memenuhi kebutuhan makanannya serta dapat membantu para UMKM dan para petani bersama sama melalui kondisi ini” ujar Yan.

Sementara itu, Founder Foodbank of Indonesia, M Hendro Utomo mengapresiasi kontribusi dari berbagai pihak dan relawan akar rumput dalam setiap pergerakan Foodbank of Indonesia (FOI) khususnya di masa pandemi ini karena besarnya antusias dari para penerima manfaat.

 “Kami menyambut baik inisiatif CENT Group dalam memberikan donasi untuk ketahanan pangan ini yang juga sekaligus memberikan kemudahan akses untuk mendapatkan makanan bagi kelompok masyarakat rentan," tuturnya.

"FOI telah berpengalaman dalam memfasilitasi penyaluran donasi berupa paket makanan siap santap yang bergizi kepada kelompok masyarakat tersebut," ucapnya.

"Dengan sejalannya komitmen di antara FOI dan Cemtratama, melalui kegiatan ini pun kami berharap dapat meringankan beban para penggiat UMKM setempat dan mendukung kesejahteraan petani agar terus semangat berjuang di kondisi ini” ungkap Hendro. (RO/OL-09)

Baca Juga

MI/ADI KRISTIADI

Kemendikbud-Ristek Terus Berupaya Atasi Kedaruratan Guru

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 12:57 WIB
Kemendikbud-Ristek memberikan afirmasi 100 persen pada 2 kategori yakni guru honorer yang memiliki sertifikat pendidik dan guru honorer...
ANTARA/Rivan Awal Lingga

Pandemi tidak Surutkan Kerja Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf

👤Andhika Prasetyo 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 12:23 WIB
Sebagai nahkoda, Presiden Joko Widodo juga memberi arahan yang jelas dan tegas sebagai bekal menempuh krisis. Gas dan Rem, serta keberanian...
dok.unas

Dies Natalis ke-72 Unas Diisi Orasi Ilmiah Fadli Zon

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 12:12 WIB
SEPANJANG September hingga November 2021, Universitas Nasional menggelar 33 kegiatan akademis dan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Rakyat Kalimantan Selatan Menggugat Gubernur

Sebanyak 53 warga terdampak bencana banjir dari sejumlah kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan menggugat Gubernur Sahbirin Noor.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya