Selasa 14 September 2021, 11:44 WIB

Wapres: Angka Vaksinasi Penentu Kedaruratan Pandemi

Emir Chairullah | Humaniora
Wapres: Angka Vaksinasi Penentu Kedaruratan Pandemi

MI/Andri widiyanto
Vaksinasi bagi mahasiswa Jabodetabek di GOR Bulungan, Jakarta.

 

PEMERINTAH ingin mempercepat proses vaksinasi untuk mengejar herd immunity. Menurut Wakil Presiden Ma’ruf Amin, pemerintah berharap pada pada akhir Desember 2021, sebanyak 77% masyarakat Indonesia yang menjadi target sudah divaksinasi. Demikian diungkapkan Ma’ruf usai meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Sentra Vaksinasi Sinergi Sehat yang diadakan Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI), Selasa (14/8).

Menurut Ma’ruf, pemerintah saat ini sudah menyiapkan vaksin untuk seluruh masyarakat yang menjadi target vaksinasi. Namun diakui bahwa proses vaksinasinya memerlukan waktu.

Baca juga: Ancaman Tiga Varian Covid-19, Pemerintah Awasi Ketat Seluruh Pintu Masuk

“Karena itu mengharapkan berbagai kalangan di pemda, TNI, Polri, dan kampus untuk terlibat dalam proses vaksinasi,” ujarnya.

Ma’ruf menjelaskan, untuk menurunkan kedaruratan pandemi covid-19 dari level 3 ke level 2 setidaknya 50% sudah divaksin. Sedangkan untuk turun ke level 1, setidaknya 70% masyarakat sudah divaksin.

“Jadi vaksinasi salah satu menjadi penentu turunnya level pandemi. Sehingga imunitas masyarakat walaupun covid-19 belum hilang,” ujarnya.

Ma'ruf juga berpesan agar pelaksanaan vaksinasi di Sentra Vaksinasi Sinergi Sehat harus menerapkan protokol kesehatan. Hal ini untuk menghindari terciptanya klater baru penyebaran Covid-19 dari klaster sentra vaksinasi.

“Saya harap pelaksanaan sentra vaksinasi Covid-19 yang diinisiasi Iluni UI di The Media Hotel and Tower ini tetap memperhatikan dan mengutamakan protokol kesehatan, untuk menghindari terjadi klaster penularan baru,” pungkasnya. (Che)

Baca Juga

DOk Kalbis Institute

Kalbis Institute Siapkan Outstanding Career

👤Syarief Oebaidillah 🕔Jumat 17 September 2021, 14:33 WIB
Kalbis Institute meluncurkan program Outstanding Career, Kamis (16/9), yakni sebuah formula baru dalam menyiapkan lulusan berkualitas,...
Antara

Pemodal Aktivitas Tambang Emas Ilegal di Hutan Lindung jadi Tersangka

👤Atalya Puspa 🕔Jumat 17 September 2021, 14:09 WIB
Tim Penyidik Balai Gakkum KLHK Wilayah Sulawesi tetapkan A sebagai tersangka terkait aktivitas tambang emas ilegal di hutan lindung KPH...
Ist

Pullman Ciawi dan Danar Hadi Gelar Program 'Bangga Berbatik Itu Asyik'

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 17 September 2021, 14:08 WIB
Pullman Ciawi Vimala Hills Resort Spa & Convention dan Batik Danar Hadi berkolaborasi dalam rangka memperingati Hari Batik...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Siap Bawa Pulang Piala Sudirman

 Terdapat empat pemain muda yang diharapkan mampu membuat kejutan di Finlandia.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya