Rabu 25 Agustus 2021, 18:31 WIB

Menko PMK : Ibu Yang Sudah divaksin, Disarankan Tetap Menyusui

Mohammad Farhan Zhuhri | Humaniora
Menko PMK : Ibu Yang Sudah divaksin, Disarankan Tetap Menyusui

Ilustrasi
Ilustrasi ASI

 

PEMBERIAN ASI ekslusif di awal kehidupan anak-anak adalah bekal perjalanan untuk kehidupan kedepannya. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengimbau, para ibu yang sudah divaksinasi Covid-19 dan memiliki bayi agar tetap memberikan air susu ibu (ASI). 

“Ibu yang sudah divaksinasi juga disarankan untuk tetap menyusui untuk melindungi si bayi,” kata Muhadjir dalam acara “Hari Puncak Pekan Menyusui Sedunia 2021” yang disiarkan virtual, Rabu (25/8).

Lebih lanjut, ia menilai, tantangan bagi ibu yang memiliki bayi di masa pandemi ini tidak hanya berkaitan dengan keamanan menyusui, namun juga adanya pembatasan sosial.

”Saya mengajak semua pihak untuk terus mendorong agar para ibu memberikan ASI kepada bayinya, caranya tentu saja dengan memberikan pengetahuan yang memadai mengenai manfaat dan cara yang benar dalam pemberian ASI itu,” imbuhnya. 

Baca juga : Menkes : ASI Cegah Masalah Gizi dan Kematian Anak

Selain itu, Ia juga mengajak banyak pihak, baik dari keluarga maupun masyarakat luas, untuk memberikan dukungan kepada setiap ibu untuk dapat menyusui dan memberikan ASI ekslusif selama 6 bulan kepada bayinya.

Dirinya meminta perkantoran baik swasta maupun negeri, serta pengelola fasilitas umum menyediakan ruangan bagi ibu yang sedang menyusui dan tempat penyimpanan ASI. 

“Untuk semuanya menyediakan ruang ASI yang dapat digunakan untuk ibu menyusui atau memerah ASI, susunya, serta fasilitas penyimpanan ASI sesuai standar ruang ASI,” ucapnya.(OL-7)

Baca Juga

ANTARA/HO/Dok BPBD Flores Timur

PBB Berharap Indonesia Dorong Negara Lain untuk Berinvestasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 07:05 WIB
Berbagai program dan aksi mengurangi risiko bencana di tingkat nasional, kawasan, dan dunia membutuhkan pembiayaan yang...
MI/RAMDANI

Reza Rahadian Mengadvokasi Pentingnya Penguatan Kapasitas Masyarakat Menghadapi Bencana

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 06:00 WIB
Penguatan kapasitas masyarakat dalam menghadapi bencana memerlukan pembiayaan dari pemerintah dan lembaga pembangunan...
ANTARA

BMKG: Waspadai Dampak Bibit Siklon Tropis 92W di Laut Filipina

👤Widhoroso 🕔Rabu 25 Mei 2022, 23:51 WIB
BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini untuk mewaspadai dampak tidak langsung dari bibit siklon...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya