Senin 23 Agustus 2021, 20:34 WIB

LIPI Sarwono Award XIX: Meneruskan Pondasi Pembangunan Riset Indonesia

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
LIPI Sarwono Award XIX: Meneruskan Pondasi Pembangunan Riset Indonesia

Dok. LIPI
Plt Kepala LIPI, Agus Haryono menyerahkan penghargaan LIPI Sarwono Award XIX 2021 pada Endang Sukara secara virtual Senin (23/8/2021).

 

Pada ulang tahun ke-54, LIPI kembali memberikan anugerah ilmu pengetahuan LIPI Sarwono Award dan menggelar LIPI Sarwono Prawirohardjo Memorial Lecture. Para penerima penghargaan dan pemateri Sarwono Memorial Lecture adalah para ilmuwan, pakar, atau praktisi yang telah memberikan sumbangsih nyata dan bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan kemanusiaan.

Kegiatan ini dilaksanakan atas pertimbangan bahwa LIPI sebagai lembaga keilmuan yang tertua dan terbesar sudah seharusnya menyelenggarakan kegiatan keilmuan yang cerdas dan bergengsi dalam merayakan ulang tahunnya. Salah satunya adalah dengan menampilkan sosok-sosok ilmuwan yang telah mempunyai reputasi nasional dan internasional, serta berkontribusi sangat besar untuk pengembangan ilmu pengetahuan.

Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Laksana Tri Handoko mengatakan bahwa kegigihan Sarwono Prawirohardjo telah menjadi landasan yang penting dalam pembangunan riset Indonesia.

Baca jugaMenkes Diperintahkan Kejar Vaksinasi 100 Juta Dosis Dalam Seminggu

"Semangat Prof. Dr. Sarwono Prawirohardjo perlu kita miliki dan terapkan dalam bekerja, khususnya bagi para periset. Kita patut bersyukur dan bangga terhadap kegigihan dan dedikasi Prof. Sarwono Prawirohardjo dalam meletakkan pondasi pembangunan dan ekosistem lembaga ilmu pengetahuan di Indonesia,” kata Handoko dalam sambutan penganugerahan secara virtual Senin (23/8).

Menurut Plh Kepala LIPI, Agus Haryono, LIPI SML dan LIPI Sarwono Award merupakan upaya LIPI untuk terus menghidupkan semangat riset bagi generasi-genarasi berikutnya, dan menunjukkan bahwa menjadi periset adalah profesi yang membanggakan.

“Penyelenggaraan LIPI Sarwono Memorial Lecture XXI dan LIPI Sarwono Award XIX tahun 2021 ini sangat layak dijadikan sebagai penghargaan tertinggi bagi tokoh yang berprestasi dan berjasa dalam memajukan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan, di berbagai bidang,” ujar Agus.

Sebagai informasi, penggunaan nama “Sarwono” dimaksudkan untuk mengenang jasa pengabdian Prof. Dr. Sarwono Prawirohardjo (Kepala LIPI pertama) dalam membangun ilmu pengetahuan Indonesia. Sejak 2001 kuliah ilmiah Sarwono Prawirohardjo Memorial Lecture dilaksanakan setiap tahun, dan pada peringatan HUT ke-54 LIPI tahun 2001 ini akan menandai LIPI SML ke-XXI, dan LIPI Sarwono Award ke XIX yang dilaksanakan sejak 2002.

Pada tahun 2021 yang bertepatan dengan peringatan HUT ke-54 LIPI, Kuliah Ilmiah LIPI SML ini disampaikan oleh Arif Satria, sedangkan penghargaan LIPI Sarwono Award diberikan kepada Endang Sukara dan Dwi Listyo Rahayu dari bidang mikrobiologi dan oseanografi.

Ketiganya terpilih sebagai pemberi kuliah ilmiah dan penerima penghargaan karena dianggap secara terus-menerus dan disertai dedikasi yang tinggi melakukan kegiatan penelitian di bidangnya. Keberhasilan mereka juga diakui oleh masyarakat ilmiah dalam memberikan sumbangan pemikiran untuk kebijakan pelaksanaan ilmu pengetahuan dan teknologi. (H-3)

Baca Juga

Dok. Pullman Jakarta Indonesia

Semarakkan Libur Sekolah, Pullman Jakarta Hadirkan Shcolo HoliYay

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 04 Juli 2022, 15:11 WIB
Pullman Jakarta mengadakan berbagai aktivitas menarik bersama tim di Pullman Jakarta Indonesia seperti cooking class, kokoru activities dan...
MI/Dwi Apriani

94 Ribu Dosis Vaksin PMK Tiba di Bandara Soetta

👤Hendrik 🕔Senin 04 Juli 2022, 14:50 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan, vaksin PMK yang telah tiba ini diperuntukan sebagai upaya pencegahan dari penyakit...
Ist

Belajar Bahasa Inggris Makin Mudah dan Efektif dengan Sistem Auto Pilot

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 04 Juli 2022, 14:40 WIB
Atlaz yang bergerak di bidang education technology menawarkan produk pembelajaran hybrid lewat penerbitan buku cetak yang dilengkapi oleh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya